Aplikasi Mobile JKN Mudahkan Karyawan Ini Akses Layanan Kesehatan

Avatar photo

- Jurnalis

Rabu, 6 Desember 2023 - 04:07 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulungagung,AZMEDIA.CO.ID-Sejak diluncurkan oleh pemerintah pada tahun 2014, Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal tersebut juga diakui oleh Agus Setiaji (45), salah seorang peserta JKN yang merasa bersyukur telah didaftarkan JKNoleh perusahaan tempatnya bekerja. Dirinya merasa tenang karena jika sewaktu–waktu sakit. Dirinya mengakui sudah terdaftar sebagai peserta Program JKN dengan harapan dapat meringankan biaya saat harus mengakses layanan kesehatan.

IMG 6414 Aplikasi Mobile JKN Mudahkan Karyawan Ini Akses Layanan Kesehatan

“Bersyukur sebagai pekerja sudah otomatis didaftarkan JKN oleh perusahaan tempat saya bekerja, sehingga tidak perlu mengurus sendiri. Saya merasa tenang sudah punya JKN, kalau tiba–tiba mengalami sakit tinggal memanfaatkan layanan JKN,” ucap Agus.

Peserta dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) ini meyakini bahwa Program JKNtelah banyak membantu masyarakat, terutama yang sedang sakit. Menurutnya, dengan Program JKN masyarakat yang mengalami sakit dengan biaya mahal tidak perlu ragu lagi, dan mendapatkan pelayanan pengobatan karena dibiayai oleh JKN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Saya melihat hadirnya Program JKN memberikan manfaat bagi masyarakat yang sakit. Terutama yang sakitnya butuh biaya besar, apalagi seumur hidup butuh pengobatan, tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Naik Lagi

Meskipun baru pertama kali ini menggunakan layanan JKN, dia mengatakan tidak rugi tiap bulan membayar iuran. Karena menjadi peserta JKN sebagai persiapan ketika suatu saat dibutuhkan. Menurut Agus, jika tidak sakit harus tetap disyukuri karena bisa saling menolong dengan peserta lain yang memerlukan pelayanan kesehatan. “Bagi saya tidak rugi jika harus membayar iuran rutin meski belum pernah menggunakan layanan JKN, justru bisa saling membantu dengan peserta lain dan bermanfaat untuk yang butuh pengobatan,” imbuh Agus.

Lebih lanjut, Agus mengatakan inovasi yang diluncurkan BPJS Kesehatan sangatlah membantu peserta. Salah satunya adalah Aplikasi Mobile JKN, karena dengan aplikasi ini peserta tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan ketika memerlukan pengurusan administrasi JKN. Cukup melalui Aplikasi Mobile JKN peserta sudah disuguhkan dengan berbagai kemudahan melalui berbagai fitur yang ditawarkan.

“BPJS Kesehatan sangat bagus inovasinya, salah satunya Aplikasi Mobile JKN. Saya sudah mengunduh dan di dalamnya ada fitur-fitur yang sangat memudahkan peserta. Salah satu yang saya suka adalah fitur KIS digital, karena peserta tidak perlu membawa kartu fisik, apalagi khawatir kartu hilang,” ujar Agus.

Menurut Agus, saat istrinya mengalami sakit perut dan berobat ke klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, dia tidak mengalami kesulitan. Cukup menunjukkan kartu peserta atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) bisa langsung dilayani.

Baca Juga :  Cegah Kebakaran Hutan Polres Mojokerto Edukasi Warga dan Pasang Himbauan Karhutla

“Ini ke klinik karena istri nyeri perut dan sudah tidak tertahankan. Petugas pendaftaran klinik hanya menanyakan kartu peserta JKN istri saya tanpa diminta fotokopi berkas. Setelah itu langsung dipersilahkan menunggu di ruang tunggu. Dokternya ramah, meskipun peserta JKN tetap dilayani dengan baik. Saya rasa tidak ada beda pelayanan dengan pasien yang membayar sendiri. Diberikan informasi tentang sakit yang dialami dan obat apa yang akan diresepkan,” tutur Agus.

Salah satu janji layanan fasilitas kesehatan (Faskes) yaitu melayani peserta dengan ramah tanpa diskriminasi. Sehingga seluruh faskes wajib untuk berkomitmen menerapkan janji layanan tersebut. Menciptakan suasana faskes yang rapi, bersih dan nyaman bagi peserta mutlak harus dilakukan untuk kepuasan peserta.

Agus berharap, Program JKN akan selalu ada memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dia menyampaikan pesan, supaya layanan JKN semakin bagus dan banyak inovasi yang dihadirkan untuk kemudahan peserta. “Semoga JKNtetap selamanya ada karena bermanfaat sebagai jaminan kesehatan masyarakat. Jangan pernah berhenti untuk membuat inovasi yang memudahkan peserta,” tutup Agus.

Berita Terkait

Arumi Bachsin Pimpin 750 Relawan Bersihkan Pantai Gemah Tulungagung: Gaungkan Anti Sampah Plastik
Alarm COVID-19 Kembali di Indonesia: Waspada Varian Baru!
Nadya Putri Kusuma, Bocah Macan Putih dari Kediri yang Melaju Kencang di Arena Pushbike
DPP LSM GERAK Resmi Lantik Pengurus Baru DPC Tulungagung
Dugaan Pembiaran Praktik Perjudian di Wilayah Polsek Boyolangu: Laporan Warga Diabaikan, Penegakan Hukum Dipertanyakan
Kapolsek Boyolangu AKP Tarmadi Diduga Abaikan Laporan Warga Terkait Kegiatan Perjudian
Pondok Ramadhan SMA Negeri 1 Plemahan: Menanamkan Iman, Takwa, dan Nilai Anti-Radikalisme Sejak Dini
Bupati dan wakil bupati kediri siapkan 12.000 porsi nasi kotak.
Berita ini 13 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 5 Juni 2025 - 22:01 WIB

Arumi Bachsin Pimpin 750 Relawan Bersihkan Pantai Gemah Tulungagung: Gaungkan Anti Sampah Plastik

Rabu, 4 Juni 2025 - 21:43 WIB

Alarm COVID-19 Kembali di Indonesia: Waspada Varian Baru!

Senin, 2 Juni 2025 - 18:03 WIB

Nadya Putri Kusuma, Bocah Macan Putih dari Kediri yang Melaju Kencang di Arena Pushbike

Minggu, 4 Mei 2025 - 09:57 WIB

DPP LSM GERAK Resmi Lantik Pengurus Baru DPC Tulungagung

Selasa, 15 April 2025 - 09:44 WIB

Dugaan Pembiaran Praktik Perjudian di Wilayah Polsek Boyolangu: Laporan Warga Diabaikan, Penegakan Hukum Dipertanyakan

Berita Terbaru

News Update

Remaja 15 Tahun Tewas Seketika Disasak Mobil APV yang Ambil Jalur

Selasa, 30 Sep 2025 - 16:25 WIB