loader image

Tradisi Adat Jawa, Warnai Prosesi Boyongan Wabup Tulungagung

  • Bagikan

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan acara pindahan, atau dalam istilah jawa Boyongan rumah Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, di Rumah Dinas Wakil Bupati Tulungagung Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Tamanan Kecamatan Tulungagung. Selasa, (16/11/2021) mulai pukul 19.00 WIB.

Dengan prosesi adat Jawa, acara boyongan tersebut dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua Partai di Kabupaten Tulungagung, Kepala Perangkat Daerah lingkup Kabupaten Tulungagung, serta Stakeholder dan tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Tulungagung beserta istri kompak berbusana adat Jawa dengan warna merah. Keduanya mengikuti prosesi tahap demi tahap yang diarahkan oleh pemandu dalam berbahasa Jawa. Acara boyongan tersebut juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, yang kemudian diberikan kepada Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE bersama Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Dra. Endang Retno Gatut Sunu Wibowo.

 

Sambutan Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, dI acara Boyongan Wakil Bupati Tulungagung ke Rumah Dinas.

Terkait hari Selasa Malam yang digunakan dalam acara boyongan tersebut, Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo, menjelaskan bahwa, dalam adat dan tradisi jawa, kalau sudah menginjak pukul 16.00 WIB dianggap masuk pada perhitungan hari Rabu Pahing, yang menurutnya merupakan hari baik dalam menyelengarakan adat Boyongan Rumah.

“Mulai malam ini akan menempati rumah dinas sesuai adat Jawa pada hari Rabu Pahing.Dengan boyongan ini bisa membantu tugas Bupati Tulungagung semakin maksimal, sesuai dengan Visi dan Misi,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, mengatakan, boyongan Wakil Bupati Gatut Sunu Wibowo, menempati rumah dinas pada Rabu Pahing dilaksanakan doa bersama guna mengawali kegiatan sekaligus syukuran menempati rumah dinas.

“Setelah menempati rumah dinas diharapkan Wakil Bupati semakin maksimal dalam membantu tugas-tugas Bupati,” tuturnya. (Gus).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!