loader image
Tekan Angka Kenakalan Remaja, Polres Tulungagung Giatkan Program Police Goes to SchoolPolisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022Antisipasi Korban Tenggelam di Kolam Ikan Bertambah, Polres Tulungagung Himbau Pasang Jaring PengamanPolri Terapkan Restorative Justice dalam Kasus Dugaan Pencurian 40 Petani di MukomukoSilaturrahmi dengan Masyarakat Jatim di Babel, Gubernur Perkuat Pasar Antar daerah
banner 728x250

Tim Penilai Dinkes Prov. Jatim Apresiasi Instalasi Sanitasi RSUD dr. Iskak

Tim Penilai Dinkes Prov. Jatim Apresiasi Instalasi Sanitasi RSUD dr. Iskak

banner 468x60

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID – Usai melakukan sejumlah visitasi ke berbagai layanan kesehatan, di hari kedua Tim Penilai dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur berkunjung ke beberapa instalasi pendukung.

Salah satunya instalasi sanitasi. Dimana instalasi ini memiliki peranan cukup penting dalam mendukung pelayanan kesehatan di RSUD dr. Iskak.

banner 325x300

Kepala Instalasi Sanitasi RSUD dr. Iskak, Ninik Wulandari mengungkapkan, ada beberapa area yang menjadi sasaran penilaian dari Dinkes Jatim. Salah satunya area pengolahan limbah B3.

“Pada area ini fokus penilaian pada pengolahan limbah B3 medis. Dimana RSUD dr. Iskak memiliki tempat pembuangan sementara (TPS) atau biasa disebut dengan cold storage yang mampu menampung kurang lebih 3 ton limbah B3 medis,” ungkap Ninik. Sabtu (14/5/2022).

“Cold storage ini sebagai tempat penyimpanan sebelum limbah-limbah ini dibawa ke tempat pengolahan oleh pihak ketiga, agar tidak terjadi pencemaran di sekitar area rumah sakit,” sambungnya.

Ia melanjutkan, kapasitas cold storage yang cukup besar, dan adanya pencatatan suhu secara berkala pada area storage menjadi salah satu nilai plus bagi RSUD dr. Iskak dalam pengolahan limbah medisnya.

Tak hanya melihat pada area pengolahan limbah B3 medis saja, tim penilai yang digawangi oleh Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Jatim tersebut juga melihat kondisi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

“Di sini kami menggunakan sistem kombinasi anaerob-aerob vegetatif dalam pengolahannya. Kami juga melakukan pemeriksaan air limbah secara berkala dan hasilnya memenuhi baku mutu air limbah,” terangnya.

Tak hanya itu, tim penilai pun turut mengapresiasi kapasitas IPAL RSUD dr. Iskak yang mencapai 180 meter kubik per hari.

Selain itu, pengolahan air bersih yang menggunakan water treatment plan (WTP) juga dinilai sudah memenuhi standar pelayanan rumah sakit daerah. Seperti diberitakan sebelumnya, jajaran manajemen RSUD dr. Iskak sedang mendapat kunjungan dari Tim Penilai Dinkes Jatim. Visitasi ini sebagai bentuk penilaian dan penjaminan mutu layanan kesehatan di RSUD dr. Iskak. (*)

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.