loader image

Tanggul Sungai Karang Tambak Jebol, Kades Kandangan Berharap, Pemkab Banyuwangi Lakukan Normalisasi

  • Bagikan

BANYUWANGI.AZMEDIA.CO.ID-Akibat curah hujan sangat.tinggi,
pintu pembatas air di sungai karang tambak jebol. Jebolnya pintu pembatas air menyebabkan air sungai karang tambak meluap hingga ke pemukiman warga di wilayah RT 02 RW 03 dusun Sumber Jambe afdeling Sumber Gandeng, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Minggu, (14/11/2021), sekitar pukul 14.00 Wib.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun demikian kerugian yang dialami warga ditaksir hingga puluhan juta rupiah. Satu rumah hanyut terbawa arus, dan satu jembatan besar roboh akibat terjangan arus sungai karang tambak.

“Meluapnya air sungai karang tambak, sampai saat.ini pukul 16.00 wib belum kunjung surut. Ada satu rumah warga bernama Moh.Irwan, hanyut dan jembatan besar roboh akibat terjangan air,” ungkap Kades Kandangan, Riyono.

Mengalami musibah tersebut, seluruh masyarakat dan jajaran perangkat desa dan juga relawan bersinergi bahu membahu melakukan penanganan dan pemantauan kondisi air di sungai karang tambak.

Guna menghindari banjir susulan, Kepala Desa Kandangan, Riyono, berharap kepada Pemkab Banyuwangi untuk segera melakukan Normalisasi pada sungai karang tambak.

“Memang dimusim ini sangat parah, khususnya sungai karang tambak. Oleh karena itu, kami berharap kepada Pemkab melalui dinas-dinas terkait untuk melakukan Normalisasi sungai
karang tambak. Hal ini guna menghindari banjir susulan akibat curah hujan yang tinggi, sehingga pintu pembatas air tidak jebol,” terangnya.

Sementara itu Kepala dusun Sumber Jambe, Zainal abidin, menambahkan, bahwa sebenarnya sungai karang tambak sudah dua kali dilakukan Normalisasi. Karena curah hujan sangat deras sehingga debit air naik yang mengakibatkan tanggul/dam/ pintu air tidak bisa menahan, yang akhirnya menyebabkan dam/tanggul tersebut jebol.

” Harapan kami agar Pemkab Banyuwangi melalui dinas terkait segera melakukan upaya pembenahan dan harapan pemdes Kandangan terkait Normalisasi sungai karang tambak segera direalisasikan agar tidak terjadi banjir susulan,” pungkasnya. (*Tri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!