azmedia
×
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi AZMEDIA

INSTALL

Soft Launching Tulungagung Pay, Bupati Maryoto : Solusi dan Inovasi Untuk Mempermudah Transaksi

Soft Launching Tulungagung Pay, Bupati Maryoto : Solusi dan Inovasi Untuk Mempermudah Transaksi

Avatar Of Paul Suparno
Img 20220808 182524 Soft Launching Tulungagung Pay, Bupati Maryoto : Solusi Dan Inovasi Untuk Mempermudah Transaksi

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID – Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo MM menyebut, dalam era digitalisasi sekarang ini dibutuhkan suatu aplikasi online guna mempermudah konsumen dalam kegiatan bertransaksi.

Maryoto Birowo mengatakan, bahwasannya dengan sistem digitalisasi IT akan memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat untuk membantu terhadap aktifitas yang dilakukan, terutama dalam kegiatan transaksi produk UMKM, pembayaran listrik, pembayaran PBB dan lain-lain.

Hal ini di sampaikan Maryoto Birowo saat memberikan sambutannya dalam acara Soft Launching Aplikasi Tulungagung Pay, PT BPR Bank Tulungagung Perseroda, bertempat di Halaman GOR Lembu Peteng, Tulungagung. Senin (8/8/2022).

“Oleh karena itulah, atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung, saya menyampaikan banyak terima kasih, meskipun kita masih dalam kondisi Covid-19, dengan adanya suatu sistem digitalisasi online, akan memudahkan bertransaksi dan juga merupakan salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Img 20220808 182453 Soft Launching Tulungagung Pay, Bupati Maryoto : Solusi Dan Inovasi Untuk Mempermudah Transaksi

Menurut Maryoto, sesuai evaluasi semester 1, Bank Tulungagung untuk kredit yang disalurkan tumbuh 4,11 % dari Desember 2021 sebesar Rp162 Milyar. Ini menunjukkan bahwa perekonomian Tulungagung sudah mulai tumbuh.

“Sedangkan dana pihak ketiga, tabungan deposito Rp139 Milyar dari total aset Bank Tulungagung sebesar Rp215 Milyar, dalam rangka pengembangan dan membantu percepatan UMKM Bangkit paska pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Maryoto mengatakan, Bank Tulungagung mempunyai program kredit dengan bunga rendah sebesar 0,5% khusus UMKM Tulungagung, dengan platform pinjaman sampai dengan Rp40 juta, yang sumber dananya dari modal penyertaan Pemerintah Kabupaten Tulungagung. Sedangkan untuk pemasaran, difasilitasi melalui galeri dekranasda.

“Jangan kuatir, kepada masyarakat Tulungagung yang ingin bertransaksi khususnya dengan UMKM, bisa dibantu melalui Bank Tulungagung dengan berbagai fasilitas yang akan lebih baik,” ucapnya.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin hari pertumbuhannya semakin pesat, dimana inovasi inovasi menuntut adanya suatu program yang lebih cepat yaitu melalui digitalisasi.

“Digital payment merupakan solusi dan inovasi untuk mempermudah transaksi keuangan,” terang Maryoto.

“Dan harapan saya kedepan, Kabupaten Tulungagung menjadi salah satu basis safety, dimana semua aktifitas terkait keuangan dilakukan secara non tunai,” sambungnya.

Selanjutnya, Bupati Maryoto juga menerangkan, bahwa Bank Tulungagung saat ini telah menghadirkan perkembangan teknologi digital yaitu digital payment atau Tulungagung Pay.
Tulungagung Pay hadir dengan menawarkan solusi kemudahan pembayaran pelaku UMKM.

“Tentu saja kedepan akan membuat market place lokal di Kabupaten Tulungagung, dimana UMKM dapat terwadahi dan menciptakan satu ekosistem ekonomi maju dan dapat bersaing di era globalisasi 4.0,” pungkasnya.

Sementara itu, pada saat sambutannya. Direktur Utama Bank BPR Tulungagung Perseroda Suhermin SE memaparkan, dalam dunia yang lebih Spartan dan lebih minimalis sekarang ini terdapat 5 trend utama perubahan perilaku yang muncul dari dampak Covid-19, antara lain.
1.Peningkatan adobsi digital
2.Perubahan pola mobilitas
3.Perubahan perilaku pembulyan
4.Peningkatan kesadaran akan kesehatan
5.Perubahan perilaku inter personal

Menurut Suhermin, guna mengakomodir perilaku digital masyarakat Tulungagung, maka Bank Tulungagung menghadirkan Layanan Tulungagung Pay atau Dompet Digital Wong Tulungagung.

“Dengan Tulungagung Pay ini, masyarakat Tulungagung dapat melakukan transaksi dari rumah ataupun kantor,” ujarnya.

“Transaksi tersebut antara lain, pembelian tiket pesawat, kereta api, pembelian kuliner ataupun belanja di UMKM, pembayaran PLN, PDAM serta pembayaran lainnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Suhermin juga mengatakan, masyarakat yang melakukan pembayaran menggunakan Tulungagung Pay ini, lebih mudah dan praktis. Meminimalisir uang palsu dan terhindar dari virus.

Pada kesempatan tersebut, Dirut Bank Tulungagung juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh IKM binaan, BUMD, layanan publik dan para sponsor yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan terselenggaranya soft launching aplikasi Tulungagung Pay ini.

“Kami berharap, dengan adanya website ini bisa memotivasi para pelaku UMKM untuk lebih mengembangkan usahanya dan memperkenalkan produk produk terbaru UMKM Kabupaten Tulungagung,” pungkasnya. (Parno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.