loader image

Puluhan Cakades se Kabupaten Tulungagung Tandatangani Kesepakatan Dalam Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2021

  • Bagikan

 

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID- Dihari tenang sebelum pelaksanaan Pilkades, dengan disaksikan Bupati bersama Forkopimda Tulungagung, seluruh Calon Kades yang akan mengikuti Pilkades melakukan penandatanganan bersama dalam Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 yang bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Sabtu (27/11/2021). Hal ini dilakukan sebagai wujud untuk menyukseskan pilkades serentak yang dijadwalkan pada 30 November 2021 nanti.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo seusai acara deklarasi damai mengatakan deklarasi ini merupakan pemantapan atau penegasan kepada calon – calon kades, panitia dan juga Forpimcam dimana dengan kesepakatan yang telah ditandatangani tersebut agar dijadikan pedoman untuk dipatuhi.

“Pada intinya dengan adanya deklarasi ini semua pihak yang terlibat dalam Pilkades untuk mematuhinya agar pelaksanaan Pilkades nanti bisa berlangsung dalam kondisi yang kondusif, aman, tentram, dan damai,” terang Maryoto Birowo.

Meski demikian, pihaknya juga sudah terlebih dulu memberitahukan agar jangan sampai terjadi perselisihan, namun jika nantinya ada pihak – pihak yang tidak terima atas hasil Pilkades nantinya agar sebisanya diselesaikan sesuai dengan jalurnya yakni sesuai dengan hukum yang berlaku.

 

Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo, M.M., saat diwawancarai awakmedia di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangso.

“Yang jelas kami berharap jangan sampai terjadi perselisihan, namun tentunya jika nanti ada pihak – pihak yang tidak terima bisa menyelesaikannya dengan hukum yang berlaku,” jelas Bupati.

Sementara itu, Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto mengatakan, juga berharap dalam pelaksanaan pilkades nanti kondisinya tetap aman dan tertib. Untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa menimbulkan terjadinya gangguan Kamtibmas sebelum pelaksanaan dan sesudah Pilkades, pihaknya telah menyiapkan kurang lebih sekitar 1300 an personil untuk pengamanannya.

“Kami dari unsur Kepolisian bersama TNI, Satpol PP dan Linmas siap melakukan pengamanan dalam Pilkades. Nanti secara tehnisnya personil akan ditempatkan di tiap TPS, balai desa, dan ada personil yang mobile untuk mengatisipasi kerawanan,” ujar Kapolres.

Dari hasil pantauan personil dilapangan, Kapolres mengatakan untuk saat ini tingkat kerawanan sangat rendah namun pihaknya tetap melakukan antisipasi.

“Kita tetap lakukan antisipasi meski sementara ini tingkat kerawanan sangat rendah,” ujarnya.

Untuk diketahui pada 30 November 2021 nanti ada sebanyak 14 desa di Kabupaten Tulungagung yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).(im)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!