IPRoyal.com
×
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi AZMEDIA

IPRoyal.com
IPRoyal.com

Polisi Sebut Pungli PTSL Desa Cikupa Senilai 619 juta Lebih

Kab.Tangerang, AZ-MEDIA.CO.ID | Polisi menetapkan 4: tersangka eks Kepala Desa Cikupa berikut Stafnya, pada Senin (4/7/2022) dalam keterangan jumpa pers yang digelar di aula Mapolresta Tangerang Selasa (5/7/2022), Kapolresta Tangerang Kombes Pol Romdon Natakusuma menyebut total pungutan liar (Pungli) mencapai Rp 619.100.000.

Kapolresta Tangerang Kombes pol Romdon Natakusuma mengatakan, unit Reskrim polresta Tangerang pada unit Krimsus melakukan penyelidikan terhadap pelaku dan berhasil mengamankan barang bukti uang tunai senilai Rp 100.150.000, dua buah flashdisk yang berisi file terkait PTSL desa Cikupa, kwitansi, buku tabungan dan ATM, dokumen, surat SK, serta tanda pengenal sebagai perangkat desa Cikupa.

“Program ini sangat baik, dan gratis paling hanya untuk membeli material senilai 150 ribu, berdasarkan SKB 3 Menteri nomor 25/SKB/V/2017, tentang pembiayaan persiapan pendaftaran tanah sistematis untuk wilayah Jawa dan Bali,” terang Kombes pol Romdon Natakusuma.

Romdon mengatakan, pada tahun 2020 BPN mengalokasikan sejumlah 1319 bidang untuk PTSL di Desa Cikupa, selanjutnya pihak desa Cikupa melakukan rapat untuk menentukan besaran tarif, diantaranya untuk tanah seluas 50 meter memiliki surat lengkap ditarif Rp 500ribu, untuk tanah lebih dari 50ribu, dengan surat tidak lengkap ditarif sebesar Rp 1juta, untuk besaran tanah diatas 100M2, dengan surat tidak lengkap ditarif sebesar Rp 1,5juta.

“Uang pungli tersebut dikumpulkan di bendahara desa berinisial MSE , kami jerat dengan pasal 12 huruf e, no UU no 31 tahun 1999 sebagaimana dirubah menjadi UU nomor 20 tahun 2021 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat 1,” tandasnya.

Sebelumya diberitakan, Mantan Kades Cikupa berinisial AM ditetapkan tersangka dalam dugaan pungutan liar ( Pungli) pembuatan sertifikat tanah pada program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) tahun anggaran 2021, dan langsung dilakukan penahanan, pada Senin (4/7/2022).

Selain menahan AM Eks Kades Cikupa, penyidik Polresta Tangerang juga menahan SH Eks Sekdes Cikupa, MI selaku kaur perencanaan dan mitra desa/anggota satgas yuridis PTSL dan MSE sebagai kaur keuangan dan ditunjuk sebagai bendahara PTSL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Alert: Baca Boleh, Coppas Jangan - Berkaryalah Semampu Anda 🤓