IPRoyal.com
×
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi AZMEDIA

IPRoyal.com
IPRoyal.com

Plt Bupati Nganjuk Lakukan Panen Perdana Udang Tambak Milik PT CIG.

AZMedia Nganjuk- Panen perdana udang tambak dilakukan plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi di lingkungan Rubujota(rumah budaya joglo cinta) PT CIG(Cita Indonesia Group) desa Batembat Kec Pace Nganjuk senin(4/7/2022)

Tampak hadir di acara ini plt Bupati Nganjuk, Kadinas Perhubungan, Dinas PUPR, Dinas lingkungan hidup, Forkomincam Pace, Kades Mbatembat, Java Comfeet dan para undangan .

CEO jala cita (mitra kerja PT CIG), Firnanda menyampaikan bahwa yang akan di panen saat ini adalah udang tambak tanpa air laut (nambak tanpo banyu segoro)yaitu dengan kolam bioflok. ini merupakan gagasan / prototype urban farming jalacita bekerja sama dalam PT CIG.

“Dengan penambahan produk Bioflok dari PT Cita Indonesia Group. sistem kolam Bioflok memiliki kelebihan pengantian air hanya sekali sampai dua kali saja sementara di tambak air laut bisa 6 kali kepadatan permeter bisa mencapai 200% hingga 300%.

Limbah air langsung dimanfaatkan sebagai pupuk di siramkan ke kebun tanaman herbal di sekitarnya. Pemilihan ternak udang jenis Vaname karena ini di sukai untuk ekspor.Masa pemeliharaan 90hari.Hasil berat perekor kisaran 20gram atau 50ekor/kg” jelas pengusaha muda ini yang akrab di sapa Nanda ini.

Lebih lanjut Nanda mengatakan bahwa PT CIG juga memproduksi obat dan minuman herbal. Rencananya 2023 akan membangun pabrik herbal di Nganjuk. Harapanya melalui jalacita juga bisa bekerja sama dengan sekolah setingkat SMA untuk menjangkau melalui sekolah membentuk wirausaha muda di lingkungan sekolah Nganjuk.

PT CIG bergerak di Agribisnis bukan hanya ternak udang saja tetapi juga ternak ayam bailer sistem ekofridly/ ramah lingkingan.Limbah langsung di proses sehingga tidak berbau. PT CIG dan jalacita membuka pintu untuk riset baik oleh Dinas Pertanian dll disini ada tenaga teknik dan dokter yang siap membantu katanya .

Plt Bupati Nganjuk yang akrab di sapa kang Marhaen ,dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada mas Nanda dan keluarga yang ingat kampung halaman.menjadi pengusaha berhasil dengan sekitar 15 usaha yang di miliki di luar Nganjuk.sekarang sudah ada 10 usaha yang ditarik ke Nganjuk.

“Perkembangannya luar biasa karena putra Nganjuk saat ini sudah banyak yang investasi ke Nganjuk. Tatkala pembanguna daerah itu bersama sama maka akan berhasil. yang penting adalah trust/kepercayaan.

Pemerintah dan masyarakat bekerja sama,Swasta yang punya program,Pemerintah mendukung, maka akan berkelanjutan. Seperti urban Farming dan Bioflok ini bisa di manfaatkan untuk bersama membangun kesejahteraan Nganjuk kita sebagai bentuk cinta Indonesia.

“Pengusaha dari Nganjuk,peduli dengan Nganjuk karena ada ikatan emosional. seperti Mas Nanda dan keluarga pengusaha dari Nganjuk, peduli dengan Nganjuk saat ini PMK langsung juga memberi bantuan untuk penanganan PMK bagi petani Nganjuk” pungkas Kang Marhaen .

Reporter:(ilyas r.h)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Alert: Baca Boleh, Coppas Jangan - Berkaryalah Semampu Anda 🤓
AZMEDIA - Media Inspirasi Bangsa We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications