loader image

Pipa Saluran Rusak Tertimpa Pohon, Warga Desa Sragi Terancam Krisis Air Bersih

  • Bagikan

BANYUWANGI.AZMEDIA.CO.ID.- Fenomena alam “Puting Beliung” yang terjadi di Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi Jumat 25/12/2021 kemarin. Selain obrak-abrik beberapa rumah warga Desa Sumberarum, juga melumpuhkan total saluran air bersih untuk kebutuhan warga Desa Sragi.

Diketahui bahwa untuk kebutuhan air bersih HIPAM Tirto Arum Desa Sragi ambil dari sumber mata air Kali Badeng yang ada di sekitar ereng-ereng Gunung Raung di Dusun Sumberasih Desa Sumberarum. Kencangnya angin “Puting Beliung” yang tak kenal kompromi itu, hancurkan pula pipa-pipa saluran air bersih akibat tertimpa pohon.

Sebagaimana informasi yang disampaikan oleh Hartono Kepala Desa Sragi kepada awak media Sabtu 25/12/2021. Puting Beliung terjadi meninpa Desa Sumberarum dan merusak rumah-rumah warga.

Kades Hartono mengaku turut prihatin dan berharap segera ada solusi untuk pemulihan rumah warga Desa Sumberarum.

“Yang pertama saya atas nama pribadi juga atas nama warga desa Sragi, turut prihatin atas musibah puting beliung yang menimpa rumah warga desa Sumberarum. Semoga Pemerintah Desa Sumberarum segera mendapatkan solusinya untuk mengatasi kerusakan rumah-rumah warganya”, tutur Kades Hartono turut prihatin untuk warga tetangga desanya.

Berikut Kades Hartono sampaikan bahwa dampak Puting Beliung juga menyebabkan rusaknya pipa-pipa saluran air dari tandon-tandon kerena tertimpa pohon dan longsor. Dan terkait hal tersebut kata Kades Hartono sudah diinformasikan ke Camat Songgon sesaat pasca kejadian.

“Masalah rusaknya pipa saluran air bersih untuk kebutuhan warga saya Desa Sragi, pasca kejadian langsung saya informasikan ke Pak Camat. Pertama sebagai bahan laporan kepada Pak Camat selaku atasan saya, kedua berharap semoga segera ada solusi. Karena air bersih bagi warga saya tidak bisa ditawar-tawar lagi untuk kebutuhan hidup sehari-harinya”, ungkap Kades Hartono cemaskan nasib warganya.

Ditambahkan oleh Kades Hartono, bahwa beberpa titik pipia saluran yang sekarang rusak akibat tertimpa pohon itu, baru saja selesai dilakukan perbaikan. Akibat dari rusaknya pipa saluran tersebut aliran air bersih untuk warga Desa Sragi yang dikelola HIPAM Tirto Arum mati total. Untuk sementara Kades Hartono mengaku belum mengetahui dari mana warganya mendapatkan air bersih. Apakah dari air sumur bagi yang punya sumur, atau dari simpanan air sebelumnya, atau terpaksa ambil air kali.

Sementara Camat Songgon dimintai tanggapannya sehubugan dengan kerusakan pipa saluran air bersih untuk warga Desa Sragi via selulernya (WhatsApp). Sampai dilansirnya pemberitaan ini masih belum memberikan tanggapannya. (*MK/*r35).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!