loader image

Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Tulungagung 2021, Luncurkan Nama Baru Jatmiko dan Puspito

  • Bagikan

 

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID-Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Tulungagung 2021, merupakan wadah generasi muda dalam mengembangkan aktivitas kepariwisataan Kabupaten Tulungagung.
Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo, M.M., membuka Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Tulungagung 2021, sekaligus melaunching JATMIKO dan PUSPITO sebagai Icon Duta Wisata Kabupaten Tulungagung.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Yudistira, Gedung Barata Convention Tulunggaung. Jumat, (3/11/2021) malam, dihadiri Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo, Sekda Tulungagung, Sukaji, dan Forkopimda Tulungagung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung, Bambang Ermawan, dalam laporannya menyampaikan, Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Tulungagung tahun 2021 diikuti oleh 135 peserta, dan yang lolos sampai ke tahap karantina dan grand final sejumlah 10 pasang peserta Duta Wisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung, Bambang Ermawan, M.Pd., saat Menyampaikan Laporan Kegiatan Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Tulungagung 2021.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan pemilihan Duta Wisata ini menurut Bambang, untuk memberikan wadah generasi muda dalam mengembangkan aktivitas kepariwisataan, memberikan pemahaman dan pengetahuan serta wawasan kepada generasi muda dalam kegiatan kepariwisataan.

“Diharapkan sebagai generasi milenial mampu mengembangkan kepariwisataan melalui media sosial, menjadi generasi muda, sebagai garda terdepan dalam mengembangkan kepariwisataan,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa, Duta Wisata bukan sekedar penampilan keindahan fisik sebagaimana yang disampaikan, namun diharapkan memiliki kecerdasan sosial, serta memiliki wawasan tentang pariwisata dan kebudayaan. Di samping itu Duta Wisata hendaknya menjadi teladan dan panutan di tengah-tengah masyarakat, khususnya generasi muda, baik dalam bertindak, berbuat, bertingkah laku, maupun bertutur kata.

 

Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo, M.M., saat Sambutan dalam acara Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Tulungagung 2021, di ruang Yudistira, Barata Convention.

Terkait dengan era digital dewasa ini, Bupati juga menuturkan bahwa, penggunaan media sosial menjadi perhatian utama dalam mempromosikan pariwisata, untuk itu penting sekali upaya mengembangkan pariwisata berbasis milenial agar bisa sesuai dengan tuntutan zaman.

“Dan ini saya mengajak kepada seluruh Duta Wisata untuk mahir dalam mempromosikan daerah, terutama potensi destinasi produk pariwisata dan kepariwisataan Kabupaten Tulungagung, sehingga industri pariwisata yang ada akan semakin berkembang dan pengunjung akan bertambah setiap tahunnya,” ujarnya.

Dengan ditampilkannya 10 pasang finalis Duta Wisata Kabupaten Tulungagung 2021, Bupati berharap, yang terpilih sebagai Duta Wisata terbaik tahun 2021,
mampu membawa kemajuan pariwisata di Kabupaten Tulungagung. Bupati juga mengajak kepada seluruh Duta Wisata dan Masyarakat Tulungagung bersama-sama mencintai, menghargai, menjaga, mengembangkan, dan memperluas potensi pariwisata di Kabupaten Tulungagung, agar dikenal tidak hanya nasional tetapi juga internasional.

“Kami ucapkan selamat, dan yakinlah kalian adalah putra-putri terbaik yang mampu membawa kemajuan pariwisata di Kabupaten Tulungagung,” tuturnya.

Bupati Maryoto Birowo menyebut, Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Tulungagung 2021 ini sangat erat hubungannya dengan pemilihan Raka-Raki, yang dulu dikenal dengan kakang- Mbakyu. Melalui Pemilihan Duta Wisata tersebut Bupati mengajak untuk mencari sesuatu yang lain terkait penamaan atau istilah dalam perhelatan tersebut.

“Tulungagung nanti akan memakai nama Jatmiko dan Puspito,” ucap Bupati.

“Nama Jatmiko itu adalah sosok pemuda calon pemimpin yang mempunyai kepribadian kepemimpinan yang baik, mempunyai tingkat kompetensi yang baik, khususnya dalam hal baik, pengetahuan maupun bidang-bidang yang lain, yang betul-betul menunjukkan seorang yang betul-betul memadai sebagai pemimpin pria yang mampu dalam kepribadian dan mampu dalam penampilan. Yang kedua, nama Puspito, adalah nama bunga dengan kepribadian wanita yang bisa menjunjung tinggi nilai kepribadian dan sekaligus mempunyai kompetensi di bidang pengetahuan,” pungkasnya.

Adapun penilaian Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Tulungagung tahun 2021, berdasarkan berita acara nomor 556/1502/107/2021 :

Untuk Duta Wisata Putri :

Peringkat 1 dengan nilai 77,37 diraih Miftachul Chusna.
Peringkat 2 dengan nilai 76,17 diraih Putri titis Pramesti.
Peringkat 3 dengan nilai 75,16 diraih
Kiki Trihandayani.
Peringkat 4 dengan nilai 74,35 diraih Fransiska Vallentina Indria Prastiti, peringkat 5 dengan nilai 66,70 diraih Hanifatus Zulanina.

Sedangkan Duta Wisata Putra :

Peringkat 1 nilai 77,30 diraih Farid Ashari.
Peringkat 2 nilai 76,61 diraih Puthut Gondo Wicaksono
Peringkat 3 nilai 75,94 diraih Arya Lintang Satria.
Peringkat 4 nilai 75,21 diraih Fahmi Daud Ibrahim.
Peringkat 5 nilai 74,17 diraih Abelian Nathaniel Prastio. (*Gus).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!