azmedia
×
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi AZMEDIA

INSTALL

Paripurna DPRD Tulungagung, Penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2021 dan Setujui 2 Ranperda Lainnya

Paripurna DPRD Tulungagung, Penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2021 dan Setujui 2 Ranperda Lainnya

Img20220518143708 Scaled Paripurna Dprd Tulungagung, Penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban Apbd 2021 Dan Setujui 2 Ranperda Lainnya

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID – DPRD Kabupaten Tulungagung menggelar Rapat paripurna dalam rangka Penyampaian Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dan Persetujuan Bersama 2 (dua) Ranperda Lainnya, bertempat di lantai ll Ruang Graha Wicaksana Kantor DPRD Tulungagung. Rabu (18/05/2022) siang.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Tulungagung Marsono SSos, turut hadir Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM dan Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo SE. Selain juga di antaranya tiga wakil ketua DPRD Tulungagung dan anggota DPRD Tulungagung, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli beserta Jajaran Kepala OPD, Camat dan Direktur Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Ketua DPRD Tulungagung Marsono SSos mengungkapkan, rapat paripurna yang digelar hari ini berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus), pada Kamis (21/4/2022) lalu. Untuk hasil rapat paripurna dapat disimpulkan bahwa semua fraksi pada prinsipnya sependapat dan menyetujui terhadap Ranperda tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Ranperda tentang Perubahan atas Perda No. 10 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Perparkiran di Kabupaten Tulungagung.

“Berdasarkan pendapat akhir fraksi-fraksi yang telah disampaikan dapat disimpulkan bahwa semua fraksi pada prinsipnya sependapat dan menyetujui,” ungkap Marsono.

Sebelumnya, Juru bicara Fraksi Partai Golkar, H Sukanto SPd SKep Ners, saat membacakan pandangan akhir fraksinya menyatakan harapan, agar skema masa relaksasi masa transisi skema IMB ke PBG supaya Pemkab Tulungagung mendapat kenaikan PAD, namun tidak membebani masyarakat miskin.

“Fraksi Golkar perlu memberikan catatan, imbauan, masukan maupun harapan kita semua. Agar Perda ini bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Tulungagung,” kata Sukanto dalam sidang paripurna.

“Sedang terkait permasalahan parkir diharapkan dengan perda baru bisa menertibkan perparkiran sehingga PAD bisa lebih optimal,” tandasnya.

Img20220518143934 Scaled Paripurna Dprd Tulungagung, Penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban Apbd 2021 Dan Setujui 2 Ranperda Lainnya

Di tempat yang sama, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh anggota DPRD Tulungagung yang telah bekerja keras untuk meneliti, mengoreksi, dan menyempurnakan semua ranperda.

Menurut Maryoto, meskipun selama dalam pembahasan terdapat perbedaan pendapat, namun dengan semangat kebersamaan untuk membentuk suatu kebijakan yang implementatif serta didasarkan pada azas dan teori hukum serta peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga akhirnya ranperda tersebut dapat disetujui. Untuk selanjutnya akan dievaluasi di pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Selanjutnya, Bupati Maryoto Birowo dalam sambutannya memaparkan, realisasi pelaksanaan APBD tahun 2021. Ia menyebut dalam sisi pendapatan di APBD tahun 2021 itu realisasinya sebesar 118 persen dari Rp 2,5 triliun menjadi Rp 3,09 triliun. Sedang di sisi belanja realisasinya sebesar 98,18 persen dari Rp 3,05 triliun, yakni Rp 2,7 triliun.

Di pembiayaan, penerimaan netto terealisasi 100 persen. Dari Rp 447 miliar terealisasi Rp 447 miliar. Dan di pengeluaran dari Rp 8,5 miliar terealisasi Rp 7 miliar atau 82,35 persen. Sementara Silpa sejumlah Rp 782 miliar.

Terkait catatan, pandangan semua fraksi di DPRD Tulungagung, Bupati Maryoto Birowo menyatakan akan segera menindaklanjutinya

“Tentu catatan yang disampaikan akan kami perhatikan dan kami bahas dengan OPD terkait. Semua catatan yang menjadi harapan fraksi akan kami tindaklanjuti agar segera terwujud,” pungkasnya.

Dalam rapat paripurna juga dilaporkan hasil reses anggota DPRD Tulungagung yang dibacakan oleh Riska Wahyu Nurfitasari.

Selain itu disampaikan pula laporan Pansus II dan Pansus IV DPRD Tulungagung. Masing-masing dibacakan oleh Agung Darmanto SH dan H Nurhamim SAg. (Parno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.