azmedia
×
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi AZMEDIA

INSTALL

Paripurna DPRD Tulungagung, Penyampaian KUA – PPAS Tahun 2023 dan Perubahan KUA – PPAS Tahun 2022

Paripurna DPRD Tulungagung, Penyampaian KUA - PPAS Tahun 2023 dan Perubahan KUA - PPAS Tahun 2022

Img 20220727 185707 Paripurna Dprd Tulungagung, Penyampaian Kua - Ppas Tahun 2023 Dan Perubahan Kua - Ppas Tahun 2022

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung menggelar rapat paripurna Penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2023. Bertempat di Ruang Graha Wicaksana lantai II Kantor DPRD Tulungagung, Rabu (27/7/2022) siang.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Tulungagung Marsono SSos, hari ini juga beragendakan Penyampaian Rancangan Perubahan KUA dan PPAS tahun 2022.

Mengawali kegiatan rapat Marsono mengatakan, berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 lalu, telah disepakati pelaksanaan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tulungagung dalam rangka Penyampaian Rancangan KUA – PPAS Tahun 2023 dan Penyampaian Rancangan Perubahan KUA – PPAS Tahun 2022, dijadwalkan pada hari ini Rabu tanggal 27 Juli 2022.

Img 20220727 185746 Paripurna Dprd Tulungagung, Penyampaian Kua - Ppas Tahun 2023 Dan Perubahan Kua - Ppas Tahun 2022

Dalam kesempatan tersebut Marsono juga mengucapkan selamat kepada Pemkab Tulungagung yang telah berhasil mendapat penghargaan dari Kementerian PPPA di Hotel Novotel, Bogor – Jawa Barat pada Hari Jum’at tanggal 22 Juli 2022 yang lalu.

“Kami atas nama Pimpinan beserta Anggota DPRD Kabupaten Tulungagung mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang telah berhasil mendapatkan Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2022 dengan Kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA),” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo dalam sambutannya menyatakan, KUA merupakan dokumen kebijakan daerah yang menjadi petunjuk dan ketentuan umum, memuat kondisi ekonomi makro daerah, kebijakan pendapatan, belanja, pembiayaan dan strategi pencapaiannya, yang disepakati sebagai pedoman penyusunan Rancangan APBD/Perubahan APBD.

“Penyusunan KUA mendasarkan pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebagai dokumen rencana kerja tahunan daerah yang mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah dan RKPD Provinsi Jawa Timur,” katanya.

Ia pun membeberkan Rancangan KUA – PPAS Tahun Anggaran 2023 yang disesuaikan dengan Prioritas yang tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2023 dengan tema Stabilisasi Kemandirian dan Daya Saing Perekonomian Daerah serta Penguatan Kesejahteraan Masyarakat.

Tema pembangunan Tahun 2023 tersebut dijabarkan ke dalam berbagai program prioritas yang masih sejalan dan merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya.

Adapun Tema pembangunan tersebut antara lain :

1.Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dasar

2.Peningkatan sarana prasarana pelayanan kesehatan dasar dan rujukan

3.Bantuan perlindungan sosial dalam percepatan penurunan kemiskinan ekstrem

4.Peningkatan ketentraman ketertiban umum

5.Optimalisasi implementasi reformasi birokrasi

6.Pengembangan destinasi wisata 7.Pengembangan industri kecil dan menengah

8.Peningkatan produksi tanaman pangan, hortikultura, hasil peternakan dan perikanan

9.Peningkatan sarana pelayanan publik

10.Pembangunan pasar ikan suwaru

11.Optimalisasi penerimaan PAD

12.Pengadaan tanah untuk pembangunan JLS

13.Peningkatan dan rehabilitasi jaringan jalan, jaringan irigasi dan air minum

14.Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)

15.Pengelolaan persampahan dan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Hadir dalam rapat, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo SE, Wakil Ketua dan anggota DPRD Tulungagung, Sekda Tulungagung Drs Sukaji MSi, Asisten, Staf Ahli beserta Jajaran Kepala OPD terkait di Lingkup Pemkab Tulungagung yang mengikuti Paripurna melalui jaringan teleconference. (Parno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.