azmedia
×
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi AZMEDIA

INSTALL

Pansus IV DPRD Tulungagung, Finalisasi Pembahasan Ranperda RTRW

Pansus IV DPRD Tulungagung, Finalisasi Pembahasan Ranperda RTRW

Avatar Of Paul Suparno
Img 20220804 224529 Pansus Iv Dprd Tulungagung, Finalisasi Pembahasan Ranperda Rtrw

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID – Pansus IV DPRD Tulungagung bersama Tim Asistensi Pembahas Ranperda Pemkab. Tulungagung menyelesaikan pembahasan Ranperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Tulungagung Tahun 2022 – 2042, bertempat di Ruang Aspirasi Kantor DPRD setempat. Kamis (4/8/2022).

Usai rapat, Ketua Pansus IV DPRD Tulungagung Suprapto SPt MMA mengatakan, yang terpenting dalam pembahasan Ranperda tentang RTRW adalah kesepakatan substansi yang ada dalam materi.

Beberapa substansi sudah di sepakati bersama dengan Tim Asistensi Pemkab Tulungagung. Di antara substansi itu tentang penentuan zonasi untuk kawasan agro, minapolitan dan kawasan industri serta lainnya. Juga tentang lahan pertanian pangan berkelanjutan.

“Tulungagung ada dua wilayah berbeda sangat menyolok yaitu selatan daerah kapur yang tandus saat ini pengembangan wilayah baru jalur Pantai selatan bisa sebagai wisata alam selain untuk perdagangan seperti souvenir,” terang Suprapto.

“Sedangkan wilayah utara seperti Sendang, Pagerwojo itu tanahnya subur sangat cocok untuk Agropolitan,” imbuhnya.

Lebih lanjut menurut Suprapto, tindak lanjut dari penyelesaian pembahasan Ranperda tentang RTRW adalah persetujuan bersama antara Bupati Tulungagung dan DPRD Tulungagung terkait kesepakatan substansi tersebut.

“Persetujuan bersama substansi ini, kemudian akan dikirim ke Kementerian ATR/BPN melalui Gubernur Jatim,” tuturnya.

Suprapto optimis, persetujuan Ranperda tentang RTRW Kabupaten Tulungagung Tahun 2022-2042 oleh Gubernur Jatim akan relatif cepat turun. Meski diakui ranperda tersebut akan pula melalui evaluasi dari Pemprov Jatim.

“Pasti akan ada evaluasi di provinsi. Ada tidaknya kesesuaian dengan RTRW Provinsi Jatim. Tetapi kami yakin persetujuan dari Gubernur akan relatif cepat dan ranperda ini dapat ditetapkan menjadi perda sesuai jadwal,” pungkasnya. (Parno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.