azmedia
×
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi AZMEDIA

INSTALL

Mungkinkah Search Engine Gatotkaca Ala Google Bisa Terwujud?

0F1658C0 32E9 4980 958F 0De0Ece8Bed3 169 Mungkinkah Search Engine Gatotkaca Ala Google Bisa Terwujud?

JAKARTA, AZMEDIA INDONESIA | Sebelumnya dunia maya sempat dihebohkan dengan mesin pencarian yang diklaim karya anak bangsa bernama Gatotkaca. Belum diketahui siapa yang mengembangkan laman itu.

Saat melakukan pencarian melalui https://gatotkaa.mooo.info hanya terlihat “Ya ndak tahu, kok tanya saya”.

Hingga kini, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga belum mengembangkan mesin pencarinya sendiri.

Sebenarnya ada banyak negara yang memiliki mesin pencari sendiri seperti Google. Mungkinkan Indonesia memiliki juga?

Ditemui di kantornya, Menteri Kominfo, Johnny G. Plate mengatakan untuk tujuan independensi harusnya memiliki search engine sendiri. Dia juga mencontohkan beberapa negara mulai dari Amerika Serikat (AS), China, hingga Rusia punya platform itu sendiri.

“Idealnya untuk ke independensi tentu punya search engine [sendiri]. Ada banyak negara yang mempunyai search engine [sendiri], AS, Tiongkok, Rusia, Prancis, punya masing masing,” kata Johnny di Jakarta.

Menurutnya akan baik juga di masa depan Indonesia punya “Google”-nya sendiri. “Namun kita tentu suatu saat nanti kalau bisa mempunyai search engine kan baik juga”.

Hingga saat ini, Indonesia belum menyiapkan search engine itu. Sebab banyak hal yang dibutuhkan untuk memiliki platform tersebut.

Johnny menuturkan membuat mesin pencari butuh waktu dan biaya lebih banyak. Apalagi mengingat Indonesia saat ini juga masih berfokus pada penanganan Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.