loader image

Menuju Level Dua, Dinkes Tulungagung Siapkan 300 tim vaksinator Dalam Percepatan Vaksinasi

  • Bagikan

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID-Capaian vaksinasi di Kabupaten Tulungagung saat ini 50,93 persen, hal tersebut merupakan syarat minimal untuk bisa berstatus PPKM level 2.

Namun demikian, menurut Kepala Dinkes Kabupaten Tulungagung dr Kasil Rokhmat, keputusan turun level sepertinya bakal terhambat. Pasalnya untuk capaian vaksinasi lansianya di Kabupaten Tulungagung masih diangka 27,70 persen.

“Untuk sementara ini, syarat untuk turun level minimal capaian vaksinasi lansia dosis 1 harus 40 persen,” terang dr Kasil Rohmat seusai menghadiri rapat koordinasi percepatan vaksinasi Covid – 19 di pendopo Kongas Arum Kusumoning Bongso, Kamis (14/10/2021).

dr. Kasil mengatakan, berdasarkan data per Rabu (13/10/2021) kemarin telah tercatat capaian vaksinasi dosis 1 sebesar 50,93 persen, dosis 2 sebesar 23 persen, lansia dosis 1 27,70 persen, dan lansia dosis 2 15,58 persen.

“Untuk itu langkah kita yaitu akan terus menggenjot capaian vaksinasi ini agar segera turun level,” tuturnya.

dr. Kasil berharap, dalam mengejar capaian vaksin ini dibutuhkan sinergitas dan koordinasi antara semua pihak, baik pemerintah kabupaten (pemkab) ataupun pemerintah desa (pemdes). Karena tanpa adanya sinergitas, capaian akan sulit dicapai

“Kami terus berupaya mengejar capaian itu, dengan cara seperti halnya mendatangi lansia di masing- masing desa. Namun dalam sehari kami hanya mendapat 5 hingga 10 orang saja. Lain halnya kalau di kota, yang perharinya bisa mendapatkan 20 orang,” ungkapnya.

Kasil mengaku jika pihaknya sering mendapat laporan perihal aparat dari desa kurang begitu komunikatif terkait vaksinasi. Untuk itu pihaknya berharap kepada semua pihak untuk bersama- sama bergerak agar capaian bisa meningkat.

“Kami dari Dinkes juga akan mendekatkan layanan kami hingga di masing- masing RT atau dusun agar semua bisa terlayani,” sambungnya

Sementara itu Kasil juga mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 300 tim vaksinator dalam upaya percepatan vaksinasi tersebut mulai minggu depan.

“Maka dari itu, kita terus mencoba, upaya mana yang sekiranya lebih efektif diterapkan agar Tulungagung bisa di level dua,” pungkasnya.(*Gs)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!