loader image

Kapolres Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pam Pilkades Serentak 2021 Tulungagung

  • Bagikan

 

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID-Di hari H – 1 pelaksanaan Pilkades, Polres Tulungagung melaksanakan apel pergeseran pasukan (serpas) pengamanan (Pam) Pilkades Serentak. Dalam Apel yang digelar di halaman kantor Pemkab Tulungagung dihadiri Forkopimda dan diikuti oleh pasukan gabungan dari TNI, Polri, Satol PP dan Linmas ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, Senin (29/11/2021) pagi.

Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto saat dikonfirmasi wartawan seusai apel mengatakan, pelaksanaan kegiatan pergeseran pasukan hari ini, untuk mengecek kesiapan personel termasuk sarana prasarana yang akan digunakan dalam kegiatan pengamanan Pilkades serentak 2021.

Kapolres Tulungagung, AKBP. Handono Subiakto, saat diwawancarai awakmedia.

“Setelah apel ini nanti, personel yang sudah disprintkan atau di tugaskan untuk melakukan pengamanan di TPS langsung terjun ke lokasi TPS masing-masing,” ucap Kapolres.

Dengan diterjunkannya langsung personel ke lokasi TPS masing-masing guna berkoordinasi dengan panitia sekaligus juga melihat situasi yang ada di lokasi.

“Dengan melakukan pengamanan sedini mungkin diharapkan agar potensi potensi gangguan kamtibmas itu sudah bisa di minimalisir sampai dengan sekarang ini,” tambahnya.

Lebih lanjut Kapolres tetap berharap pada pelaksanaan hari (H) Pilkades serentak di kabupaten Tulungagung bisa berjalan dengan tertib lancar dan aman, yang kebetulan besok Selasa (30/11/2021) juga bersamaan ada kegiatan kunjungan Presiden RI ke Kabupaten Trenggalek.

“Saya kemarin juga ikut rapat dalam rangka pengamanan mudah-mudahan semuanya dapat berjalan dengan lancar,” harap Kapolres.

Masih menurut Kapolres, seluruh pasukan pengaman ditugaskan mulai hari ini sampai dengan hari pelaksanaan Pilkades hingga selesainya kegiatan Pilkades serentak.

Kapolres juga mengungkapkan teknik pada pengamanan Pilkades serentak sesuai apa yang telah dipaparkan dalam Tactical Wall Game (TWG) dengan pola 212 yang artinya di tiap – tiap TPS ditempatkan 2 personel Polri, 1 dari TNI dan 2 dari Linmas.

Dari assessment sementara ini Kapolres menyebut potensi gangguan masih tergolong rendah namun demikian bilamana ada eskalasi meningkat pasukan yang ada akan didorong untuk melakukan penebalan kekuatan.

“Jikalau nanti memang ada perubahan situasi nah itu nanti, maka personel yang on call di balai desa, di Polsek itu nanti yang akan kita gerakkan. Nanti malam kita sudah mulai mobile untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif,” tandas Kapolres.

Sebelumnya Kapolres sudah menyampaikan, dalam rangka pengamanan Pilkades serentak 2021 kabupaten Tulungagung yang ada di 14 desa tersebar pada 11 kecamatan telah disiagakan kurang lebih sekitar 1300 personel gabungan TNI, POLRI, Satpol-PP dan Linmas.(im)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!