loader image

Jelang Nataru, Polres Kediri Kota Gelar Pasukan OZS 2021 Prioritaskan Penangan Covid 19

  • Bagikan

 

 

KEDIRI.AZMEDIA.CO.ID-Dalam rangka persiapan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) Polres Kediri Kota menggelar apel gelar pasukan Operasi Zebra Semeru (OZS) 2021 yang dilaksanakan di halaman Mapolres Kediri Kota Jalan KDP Slamet Mojoroto Kota Kediri. Dan pelaksanaan OZS akan digelar selama dua pekan, terhitung mulai tanggal 15 – 28 November 2021.
Senin (15/11/2021).

Dalam apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi, S.I.K,M.H., yang diikuti peserta apel jajaran anggota Polres Kediri Kota beserta personil gabungan baik TNI, Dishub, Satpol dan BPBD Kota Kediri.

Usai pelaksanaan apel gelar pasukan, Kapolres Kediri AKBP Wahyudi didampingi Kasat Lantas Polres Kediri Kota AKP Pandri Putra Simbolon melakukan pengecekan kesiapan personel melakukan Operasi Zebra Semeru 2021, serta sarana dan prasarana Satlantas Polres Kediri Kota.

Kapolres Kediri Kota, AKBP. Wahyudi saat lakukan Inspeksi Kesiapan Kendaraan dalam OZS 2021

Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi mengatakan, kita baru saja melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2021, yang melibatkan personil gabungan dari TNI, Dishub, Satpol PP dan BPBD Kota Kediri.

“Pelaksanaan Operasi Zebra Semeru ini menitikberatkan pada penanganan covid-19 yang ada di wilayah Kota Kediri. Selain itu juga melaksanakan penanganan terhadap Kamseltibcar lantas yang ada di Kota Kediri dengan mengedepankan persuasif, humanis dan juga mengedepankan edukatif,” ujar AKBP Wahyudi.

Dengan adanya Oprasi Zebra Semeru ini, Wahyudi berharap bisa meningkatkan baik penanganan covid-19. “Alhamdulillah sudah baik di Kota Kediri dan perhari kemarin di RS hanya tinggal 2 yang dirawat dan berkat kerjasama stakeholder dan peran aktif masyarakat Kediri yang mengerti kesehatan,” harapnya.

Dengan adanya di level 1 Kota Kediri, tambah AKBP Wahyudi, Kamseltibcar Lantas semakin baik. “Oleh karena itu saya menghimbau kepada masyarakat tolong untuk patuhi protokol kesehatan dan dengan adanya pelaksanaan operasi zebra ini mudah-mudahan kota Kediri kondisi nol dari Covid-19,” himbaunya.

Selain itu juga Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi juga menghimbau pada seluruh warga Kota Kediri dalam berlalu lintas agar tertib dan juga mengedepankan norma-norma rambu lalu lintas serta menjaga keselamatan diri kita dan orang lain yang sama-sama menggunakan jalan raya.

Masih ditempat yang sama, Kasatlantas Polres Kediri Kota AKP Pandri Putra Simbolon mengatakan, bahwa Operasi Zebra Semeru tahun ini kita menekan angka penyebaran covid-19 dan masalah Kamseltibcar lalu lintas. Sedangkan untuk edukatif dengan cara preemtif dan preventif. Kita akan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya kaum milenial. “Jadi terkait masalah penindakan pelanggaran Operasi Zebra ini ditiadakan. Untuk tahun ini ditegaskan Pandri tidak ada penindakan masalah pelanggaran,” tandas AKP Pandri.

Akan tetapi, sambung AKP Pandri, petugas akan melakukan penindakan jika berpotensi laka lantas dan bahkan akan dilakukan penyitaan barang bukti.

“Seperti, tidak memakai sabuk pengaman saat berkendara, tidak memakai helm, tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas, melebihi batas kecepatan tinggi, tata cara muat, menggunakan HP dan melawan arus,” tegasnya.

Kasatlantas Polres Kediri Kota menambahkan bahwa operasi zebra ini yang dilaksanakan mulai hari ini, 15 Nopember sampai 28 November 2021. Kemudian untuk masalah peningkatan terkait masalah tindakan preventif. Dan juga meningkatkan patroli untuk membatasi mobilitas warga ataupun terkait masalah kerumunan.

“Dari segi kuantitas dalam pelaksanaan Oprasi Zebra di tahun ini, kita akan menggunakan roda dua dan roda empat untuk melaksanakan patroli. Sedangkan untuk kualitasnya juga akan kita tingkatkan pelaksanaan patrolinya dari sisi wilayah Barat dan Timur,” pungkas AKP Pandri.

Sekedar diketahui, apel gelar pasukan tersebut diatas Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi memaparkan data kematian akibat laka lantas selama tahun 2021 sekitar 5000 orang yang hampir sama dengan data kematian akibat Covid 19.

Adapun jumlah personil yang diterjukan yaitu sebanyak 150 personil, terdiri dari :
1 pleton Perwira Polres, 1 Regu POM TNI Kediri, 1 Regu Kodim 0809 Kediri, 1 pleton Satsamapta, 1 pleton Satlantas, 1 pleton Satreskrim, 1 pleton Sat Intelkam dan 1 Regu Sat Pol PP Kota Kediri serta 1 Regu Dishub Kota Kediri.(yhs/won)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!