loader image
Beri Rasa Aman Umat Kristiani Laksanakan Misa Kenaikan Isa Al-Masih, Polres Tulungagung Sterilisasi Sejumlah GerejaPatroli Blue Light Polres Tulungagung Amankan 13 R2 dan 25 Remaja Yang Akan Balap LiarKapolres bersama Dandim 0807 Tulungagung Blusukan Cek Ketersediaan Minyak GorengPerluas Kerjasama Perdagangan, Gubernur Khofifah Bertekad Tingkatkan Jejaring Konektivitas Antar DaerahUnit Reskrim Polsek Besuki Polres Tulungagung Bekuk Pengedar Pil Koplo Saat Transaksi Dipinggir Jalan
banner 728x250

Jelang Idul Fitri 1443 H PSM GRASI Bagikan Zakat dan Berbuka Puasa Bersama

Jelang Idul Fitri 1443 H PSM GRASI Bagikan Zakat dan Berbuka Puasa Bersama

banner 468x60

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID – Perkumpulan Swadaya Masyarakat (PSM) GRASI membagikan Zakat Fitrah ke sejumlah warga masyarakat kurang mampu di Kelurahan Kutoanyar. Bertempat di Simpang Tiga RT 03 RW 06, Kelurahan Kutoanyar, Kecamatan/Kabupaten Tulungagung. Minggu (24/04/2022).

Zakat Fitrah merupakan kewajiban bagi umat muslim dalam bersedekah, sebab sebagian harta yang kita dapat/miliki sebenarnya ada hak milik orang lain di dalamnya.

banner 325x300

Kewajiban menjalankan zakat tidak hanya berlaku untuk umat muslim secara perorangan, akan tetapi lembaga juga di perkenankan memberikan sedekah untuk masyarakat yang membutuhkan. Seperti halnya apa yang di lakukan oleh PSM GRASI.

Ketua PSM GRASI Rony Dyanto mengungkapkan, di setiap tahunnya PSM GRASI menyalurkan beras zakat untuk warga kurang mampu di Kabupaten Tulungagung menjelang perayaan hari raya Idul Fitri dan untuk tahun ini, zakat fitrah dibagikan lebih awal.

“Memang saya sudah niatkan untuk membagikan zakat fitrah lebih awal dari biasanya. Apalagi dalam keadaan seperti ini, pandemi covid-19 belum sepenuhnya usai, tentunya banyak orang terdampak yang membutuhkan segera,” ungkap Rony Dyanto saat ditemui disela-sela acara.

Lebih lanjut, Rony Dyanto mengatakan, “penyaluran zakat lebaran tahun ini di lakukan di lingkungan RT 03 RW 06 Kelurahan Kutoanyar. Sebanyak 170 bungkus beras zakat di salurkan kepada warga kurang mampu,” ucapnya.

Penyaluran zakat di lakukan secara bertahap, bertempat di sejumlah titik lokasi. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerumunan serta tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Selain memberikan zakat, PSM GRASI juga membagikan Takjil ke sejumlah warga.

Melalui kegiatan sosial pembagian zakat, Rony Dyanto berharap, “anggota PSM GRASI dapat mengasah kepekaan terhadap situasi sosial di tengah masyarakat. Tak terkecuali untuk lembaga lembaga yang lain agar bisa melakukan hal yang sama, membangun kepedulian sosial di tengah masyarakat,” harapnya.

“Apalagi di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, bantuan sedekah sekecil apapun akan memberikan manfaat besar bagi warga kurang mampu,” tukas Rony.

Sementara itu, salah satu pengurus PSM GRASI Slamet Rianto menyampaikan, bahwa anggaran dalam kegiatan tersebut bersumber dari partisipasi anggota serta bantuan dari para donatur dan juga para dermawan yang selama ini ikut berpartisipasi dalam Organisasi.

“Anggaran bersumber dari partisipasi anggota, serta dukungan dari para donatur dan dermawan yang telah bermitra dengan PSM GRASI,” ujarnya.

“Mulai pengumpulan donasi, pembelanjaan, packing, hingga penyaluran dilakukan langsung oleh ketua, pengurus dan anggota PSM GRASI untuk membantu meringankan kebutuhan warga masyarakat,” pungkasnya.

Selanjutnya kegiatan pembagian zakat dan takjil di tutup dengan acara buka puasa anggota PSM GRASI Tulungagung bersama warga masyarakat. (parno)

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.