azmedia
×
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi AZMEDIA

INSTALL

Jalan Sehat Warga NKRI Kelurahan Kutoanyar Semarakkan HUT RI 77

Jalan Sehat Warga NKRI Kelurahan Kutoanyar Semarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 77

Avatar Of Paul Suparno
Hut Ri Kutoanyar
TULUNGAGUNG, AZMEDIA.CO.ID – Masih dalam rangka Menyemarakkan HUT ke – 77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Warga NKRI, Kelurahan Kutoanyar, Kecamatan Kota, Kabupaten Tulungagung menggelar kegiatan jalan sehat, gerak jalan kreasi yang dirangkai dengan berbagai lomba Agustusan, Minggu (28/8/2022).

Kegiatan yang dipusatkan di Jalan masuk gang RW 09 dilepas langsung Kepala Kelurahan Kutoanyar Yulianto. Acara tersebut digelar secara gratis untuk masyarakat Kutoanyar dan sekitarnya.

Diawali dengan kegiatan jalan sehat, gerak jalan kreasi di pagi hari, peserta mulai dari emak emak, orang dewasa dan anak-anak nampak antusias penuh semangat berjalan beriringan. Ada bermacam hadiah kegiatan jalan sehat yang bisa didapat, dari mulai sepeda, kompor gas, magic com, setrika, hingga perhiasan emas serta ratusan doorprise.

Ketua Panitia Kegiatan Agus mengatakan, mengenai sumber dana warga melakukan pengumpulan secara swadaya untuk terselanggaranya kegiatan ini. Dana dari partisipasi warga dipergunakan untuk pengadaan hadiah, sewa panggung, hiburan dan persiapan lainnya.

“Selain swadaya masyarakat, kita juga dibantu dari beberapa sponsor, donatur. Dana yang berhasil kita himpun dari masyarakat sekitar Rp 8 jutaan,” kata Agus.

Hut Ri Kutoanyar

Masih di tempat yang sama, Kepala Kelurahan Kutoanyar Yulianto mengapresiasi kegiatan yang digelar warga masyarakatnya. Apalagi dalam memperingati HUT ke-77 RI, seluruh masyarakat yang mengatas namakan warga NKRI Lingkungan Kutoanyar berperan aktif untuk menyemarakkannya. Di setiap depan rumah memasang bendera dan di sepanjang jalan masuk gang juga berhias dengan memasang umbul-umbul.

“Di sini (warga NKRI Lingkungan Kutoanyar) semuanya berhias dan sangat semarak. Bendera dan umbul-umbul terpasang semua. Ini juga sebagai wujud kekompakkan, Guyub rukun warga dalam rangka mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

Menurut Yulianto, kegiatan jalan sehat, gerak jalan kreasi ini memiliki semangat untuk menggalang persatuan dan kesatuan, memupuk rasa nasionalisme serta meningkatkan rasa kebersamaan di kalangan warga masyarakat.

“Bagaimanapun, kita sekarang harus bisa bangkit dan lebih kuat, sesuai dengan tema HUT RI yang ke 77 Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Inilah yang kita tekankan sekarang,” tegas Yulianto.

Sementara itu, Ketua RW 09 Mamiek Sutrisno berharap, kegiatan seperti ini tahun depan bisa terus dilakukan dan lebih ditingkatkan.

“Dengan adanya kegiatan ini, semoga dapat memberikan semangat Guyub Rukun dan rasa optimisme dalam menghadapi tantangan untuk memajukan RW 09 khususnya dan Kelurahan Kutoanyar pada umumnya,” terangnya.

“Beberapa tahun terakhir tidak bisa kita gelar lantaran pandemi Covid-19,” imbuh Mamiek.

Hut Ri Kutoanyar

Jalan sehat yang diikuti ratusan warga Kelurahan Kutoanyar dan warga sekitar, mengambil rute start Jalan gang masuk RW 09, Jalan Moh Yamin depan kantor Kelurahan Kutoanyar, perempatan apotik Budi Mulya ke utara, hingga perempatan gereja belok ke barat menuju sepanjang jalan pinka, pertigaan Warkop solebo ke timur dan finish di tempat semula.

Peserta bergerak mengikuti rute yang sudah ditentukan sambil menyanyikan lagu, yel – yel pengobar semangat. Aksi peserta jalan sehat, gerak jalan kreasi ini menyedot perhatian pengguna jalan termasuk warga yang dilewati.

Di samping jalan sehat dan gerak jalan kreasi, peringatan HUT kemerdekaan RI ke – 77 di RW 09 Warga NKRI Kelurahan Kutoanyar turut disemarakkan dengan berbagai perlombaan. Banyak hadiah menarik dan doorprize disediakan panitia untuk setiap pemenang kategori lomba, kemudian rangkaian kegiatan di tutup dengan acara gembyar panggung hiburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.