loader image

Intensitas Hujan Lebat dan Tanah Longsor, Berakibat Rumah Milik Beberapa Warga Ambruk.

  • Bagikan

 

BANYUWANGI.AZMEDIA.CO.ID-Berarapa hari ini intensitas hujan sangat lebat dan mengguyur salah satu Dusun yaitu Dusun Sumberdadi Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi, Minggu (31/10/21).

Hujan lebat tak hanya merobohkan salah satu rumah warga, bahkan beberapa rumah warga lainya banyak yang terkena longsoran tanah yang terkikis guyuran air hujan.

Diperkirakan kerugian material akibat hujan lebat dan tanah longsor mencapai puluhan juta rupiah. Seperti yang disampaikan oleh salah satu warga terdampak bahwa hujan terjadi sejak Minggu pagi dan tak kunjung reda. Bahkan sampai malam hari hujan semakin deras.

Kepala Desa Kandangan Riyono dikonfirmasi menyampaikan dan membenarkan, “bahwa kejadian yang mengakibatkan ambruknya rumah warga kami bernama Landep dan Budiyanto di Dusun Sumberdadi RT.01/RW01, disebabkan oleh hujan lebat dan semakin lebat sampai malam hari. Bahkan juga mengakibatkan tanah longsor,” kata Riyono.

Sambung Kades Riyono, Sekitar jam 21.00. WIB. Longsoran tanah dari tebing Gunung di Dusun Sumberdadi akibat curah hujan tinggi tak tertahan lagi,” tambah Kades Riyono.

Atas kejadian tersebut warga, perangkat desa, unsur TNI dan Polri bersama para relawan berjibaku bergotong royong untuk membenahi rumah milik warga yang ambruk.

Rasa prihatin juga disampaikan oleh Kepala Desa Kandangan Riyono dan akan berusaha memintakan bantuan kepada pihak pihak terkait dan berharap kepedulian dari dinas yang membidanginya.

“Atas musibah yang menimpa warga kami, maka saya berharap kepada pemerintah melalui dinas Pertanian, Dinas Kehutanan serta Pihak Perhutani untuk peduli terhadap mereka (warga terdampak),” Harap Riyono.

Diakhir keterangannya kades Riyono menyampaikan, bahwa perlunya adanya tata ruang kembali khususnya yang dikawasan Hutan bahkan pemeliharaan juga,” pungkasnya. (IR).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!