loader image

Informasi dan Edukasi P4GN Melalui Seni Ketoprak Sambut Hari Jadi Kabupaten Tulungagung Ke 816

  • Bagikan

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Informasi dan Edukasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Narkotika (P4GN) melalui Pagelaran Seni Budaya Ketoprak secara virtual dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-816 Tahun di Gor Lembu Peteng Tulungagung. Rabu, (10/11/2021) mulai pukul 19.30 WIB.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M., bersama Jajaran Forkopimda Tulungagung, Kepala BNN Kabupaten Tulungagung, AKBP. Sudirman, M.Sc, Kepala BNN Provinsi Jawa Timur, Brigjen Pol. Aris Purnomo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung, Drs. Bambang Ernawan, M.Pd, Kepala Perangkat Daerah dan Stakeholder terkait.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung, Bambang Ermawan

Kegiatan pagelaran seni budaya ketoprak dari sanggar Sarinah Budoyo dengan lakon Ande-Ande Lumut, merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-816 Tahun, yang sekaligus sebagai sarana kegiatan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan peredaran narkotika di wilayah Kabupaten Tulungagung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung, Drs. Bambang Ernawan, M.Pd dalam laporannya menyampaikan, bahwa pagelaran seni budaya ketoprak merupakan wujud pelestarian kebudayaan, walaupun dilaksanakan secara virtual dan protokol kesehatan yang ketat, karena mengingat masih dalam pandemi covid-19.

Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo, M.M.,
Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo, M.M.

Dalam sambutannya, Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M., menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyelenggarakan acara pagelaran seni budaya Ketoprak dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-816 Tahun.

Menurut Bupati Tulungagung, kegiatan pagelaran seni budaya ketoprak mempunyai maksud dan tujuan, untuk mengembangkan nilai-nilai tradisi budaya para leluhur yang adi luhung, melestarikan kekayaan tradisi budaya di Kabupaten Tulungagung sebagaimana tertuang dalam pokok pikiran kebudayaan daerah, mewujudkan program nasional, yaitu pemajuan kebudayaan, serta sebagai program informasi dan edukasi P4GN melalui pagelaran seni yang dapat mewujudkan Kabupaten Tulungagung Bersih dari Narkoba.

“Dari kegiatan pagelaran seni budaya semacam ini, diharapkan bisa membentengi generasi muda dari serangan budaya asing dan bahaya serbuan narkoba, serta seks bebas di kalangan generasi muda, sehingga tercipta generasi muda yang berpikiran dinamis, kreatif, praktis dan cerdas dalam menyikapi suatu permasalahan,” Pungkas Maryoto. (*Ag)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!