loader image
Beri Rasa Aman Umat Kristiani Laksanakan Misa Kenaikan Isa Al-Masih, Polres Tulungagung Sterilisasi Sejumlah GerejaPatroli Blue Light Polres Tulungagung Amankan 13 R2 dan 25 Remaja Yang Akan Balap LiarKapolres bersama Dandim 0807 Tulungagung Blusukan Cek Ketersediaan Minyak GorengPerluas Kerjasama Perdagangan, Gubernur Khofifah Bertekad Tingkatkan Jejaring Konektivitas Antar DaerahUnit Reskrim Polsek Besuki Polres Tulungagung Bekuk Pengedar Pil Koplo Saat Transaksi Dipinggir Jalan
banner 728x250

Gudang Pabrik Shanghai Gangsar Ludes Terbakar, Diduga Akibat Konsleting Listrik

Gudang Pabrik Shanghai Gangsar Ludes Terbakar, Diduga Akibat Konsleting Listrik

banner 468x60

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID – Sebuah Gudang milik Pabrik Kacang Shanghai Gangsar yang terletak di Dusun Pacitan RT 02 RW 02, Desa/Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, petang tadi sekira pukul 18.00 WIB mengalami kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Berdasarkan informasi, penyebab kebakaran diduga api berasal dari hubungan arus pendek listrik (konsleting) dari salah satu alat pengatur suhu di dalam gudang pabrik.

banner 325x300

Kapolsek Ngunut Kompol Rudy Purwanto mengatakan, pada hari Jumat tanggal 13 Mei 2022 sekira pukul 18.00 WIB pihaknya telah menerima laporan dari warga tentang terjadinya kebakaran sebuah gudang milik pabrik kacang Shanghai Gangsar.

“Awal mula kebakaran berasal dari gudang tempat penggorengan/ memasak kacang Sanghai Gangsar milik H.Sutrimo, pada pukul 17.45 Wib,” katanya.

Lebih lanjut Kapolsek Ngunut mengungkapkan, dari informasi yang dihimpun. Bahwa gudang tersebut selesai beraktifitas (proses penggorengan) sekira pukul 16.00 wib. Api di duga berasal dari konsleting aliran listrik yang menyulut ke beberapa kayu bakar kering sebagai bahan bakar penggorengan.

“Kepulan asap pertama kali terlihat oleh Sumani (55) warga yang rumahnya dekat dengan Gudang, mengetahui hal tersebut lalu memberitahu Yono (40) satpam yang berjaga bagian depan pabrik. Yono bersama anggota Satpam lainnya dan di bantu warga berusaha memadamkan api menggunakan APAR, kemudian Yono menghubungi Dian alias Didin (40) menantu pemilik pabrik,” ungkap Kompol Rudy.

“Selanjutnya Dian alias Didin menghubungi Polsek Ngunut dan Pemadam Kebakaran,” sambungnya.

Tidak berselang lama, Damkar yang dipimpin Kasi Ops PMK Kabupaten Tulungagung Bambang Widakso dengan menggunakan 5 (lima) unit mobil Damkar tiba di lokasi, langsung berusaha memadamkan api yang mulai membesar dan setelah dua jam berjibaku, sekira pukul 20.00 WIB api akhirnya berhasil di padamkan.

“Dari luas bangunan / Gudang 14 x 60 meter, separuh bagian gudang (14 x 30) terbakar. Barang-barang berupa tungku masak dan kayu kering sebagai bahan bakar penggorengan yang ada didalam bangunan tersebut ludes terbakar,” ucap Kompol Rudy.

Dengan adanya kebakaran itu pemilik gudang mengalami kerugian materiil kurang lebih sebesar Rp 1.500.000.000,- (satu milyar lima ratus juta rupiah) dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian material mencapai miliaran rupiah,” tambahnya.

Dari hasil pemeriksaan Tim INAFIS Polres Tulungagung di lokasi kejadian diketahui bahwa yang terbakar merupakan bangunan berdinding batu bata dan kayu balau sedangkan atapnya seng. Kebakaran diduga api berasal dari hubungan arus pendek listrik (konsleting) dari salah satu alat pengatur suhu. (Parno)

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.