loader image

Disnakertrans Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

  • Bagikan

 

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menyediakan Balai Latihan Kerja (BLK), bagi yang beminat belajar atau mendalami bidang kejuruan.

Hal itu dilakukan untuk mendukung pembangunan bidang ekonomi masyarakat dan sebagai upaya meningkatkan dan menciptakan usaha yang lebih kondusif bagi pertumbuhan ekonomi. Selain itu juga untuk memberikan peluang kesempatan kerja di daerah hingga diperlukan kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintah secara nyata.

Kepala Disnakertrans Tulungagung, Agus Santoso melalui KUPT BLK Final Abidin saat ditemui mengatakan, pelatihan yang sedang berjalan saat ini ada enam bidang kejuruan. Setiap kejuruan minimal satu bulan, Senin (22/11/2021).

“Enam bidang kejuruan meliputi otomotif, pengelolaan administrasi perkantoran, praktek kantor, tata boga, garmen, dan desain grafis,” terang Final Abidin.

Ia menambahkan ada beberapa kegiatan yang berlangsung hari ini, di antaranya adalah bidang komputer dan garment/menjahit.

Tujuan diadakan pelatihan kerja ini, lanjutnya, untuk menyiapkan ketrampilan para pencari kerja atau tenaga kerja yang ingin meningkatkan kompetensi.

“Dalam satu bidang kejuruan, ada sebanyak 16 peserta. Untuk guru pembimbing atau instruktur pelatihan, dari Disnakertrans dibantu dari LPK swasta. Usia mulai dari 18-50 tahun,” ucapnya.

Sementara itu, pembimbing kejuruan garment/menjahit Siti Anisa. M.Pd menuturkan banyak dijumpai perajin konveksi yang membutuhkan pembinaan dan bantuan peralatan untuk meningkatkan ketrampilan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas produk tekstil di desa desa.

Industri garmen adalah salah satu industri perintis dan tulang punggung manufaktur Indonesia. Posisi strategis industri ini semakin tampak nyata jika ditinjau dari sisi kontribusinya terhadap perekonomian khususnya dalam bentuk pendapatan dan penyerapan tenaga kerja.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta bisa menerima apa yang disampaikan, sehingga pelatihan dan ilmu yang didapat bermanfaat terutama bagi diri sendiri dan orang lain. “Terlebih bisa menciptakan lapangan pekerjaan, sangat bagus,” ucap Anisa.

“Dan semoga bisa meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam mendorong industri konveksi di Kabupaten Tulungagung khususnya agar dapat berkembang dan menghasilkan produk yang berkualitas, bermutu, dan desain yang sesuai permintaan pasar,” tutupnya.(*prn)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!