IPRoyal.com
×
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi AZMEDIA

IPRoyal.com
IPRoyal.com

Bupati Maryoto Diperiksa KPK, Terkait Kasus DPRD Tulungagung

Bupati Maryoto Diperiksa KPK, Terkait Kasus DPRD Tulungagung

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lakukan pemanggilan dan memeriksa Bupati Tulungagung Maryoto Birowo sebagai saksi dugaan kasus korupsi Bantuan Keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk Pemerintah Kabupaten Tulungagung periode 2014-2018.

Proses pemeriksaan dilakukan di ruangan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor Tulungagung, Kamis (30/6/2022) kemarin.

Saat dijumpai, Bupati Maryoto mengatakan pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik KPK terkait masalah kasus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tulungagung.

“Kita ikuti saja dari semua permasalahan ini,” jawab singkat Maryoto dihadapan insan media yang sudah menyanggong mulai pagi hari itu.

Dalam pemeriksaan tersebut, Maryoto mengaku hanya sendirian saja pada saat pemeriksaan dilakukan penyidik KPK.

“Kita tidak tahu, hanya saya sendiri saat diperiksa tadi,” ujarnya.

“Pertanyaan yang dilontarkan oleh penyidik KPK hanya secukupnya saja,” imbuhnya.

Lebih lanjut Maryoto mengaku pemeriksaan yang dilakukan penyidik KPK sekitar 2 jam lebih, dimulai pukul 11.00 dan berakhir hingga pukul 13.15 WIB.

“Saya diperiksa mulai pukul 11.00 WIB dan hanya pertanyaan yang dibutuhkan penyidik KPK,” tandasnya.

Sementara itu, nampak terlihat menaiki tangga ruangan Satreskrim Polres Tulungagung, Mantan Kepala Bidang Jembatan dan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tulungagung, Sukarji untuk memenuhi undangan pemeriksaan yang dilakukan penyidik KPK.

“Tadi pagi saya sudah di ruang Satreskrim Polres Tulungagung untuk konfirmasi,” katanya.

“Melihat ada Bupati Tulungagung Maryoto Birowo sedang diperiksa, sudah di ruangan, dan lainnya siapa diperiksa saya tidak tahu,” imbuhnya.

“Saya datang lagi, pemeriksaan pukul 13.00 WIB,” kata Sukarji menambahkan.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya kepada media mengatakan ada empat saksi yang akan diperiksa penyidik di Polres Tulungagung, yaitu:

1. Bupati Tulungagung Maryoto Birowo.

2. Sri Pramuni Mantan Kabid Anggaran BPKAD Kabupaten Tulungagung.

3. Nurkhodik Kabid Pembangunan Pengembangan Sumber Daya Alam.

4. Made Prasetyo Bendahara Pengeluaran Setwan DPRD Kabupaten Tulungagung.

Sebelumnya, KPK mengusut kasus dugaan suap alokasi anggaran Bantuan Keuangan (Bankeu) Jawa Timur periode 2014-2018 untuk Tulungagung. KPK sudah menetapkan sejumlah tersangka di kasus tersebut.

“KPK sedang melaksanakan penyidikan berupa pengumpulan alat bukti terkait dugaan suap pengalokasian anggaran Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Timur periode 2014-2018 untuk Kabupaten Tulungagung,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (28/6/2022) seperti dikutip dari berbagai sumber.

Dalam penyidikan ini, KPK telah menetapkan beberapa pihak sebagai tersangka, dan segera mengumumkan nama-nama tersangka termasuk konstruksi perkaranya. (Prn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Alert: Baca Boleh, Coppas Jangan - Berkaryalah Semampu Anda 🤓