loader image
Beri Rasa Aman Umat Kristiani Laksanakan Misa Kenaikan Isa Al-Masih, Polres Tulungagung Sterilisasi Sejumlah GerejaPatroli Blue Light Polres Tulungagung Amankan 13 R2 dan 25 Remaja Yang Akan Balap LiarKapolres bersama Dandim 0807 Tulungagung Blusukan Cek Ketersediaan Minyak GorengPerluas Kerjasama Perdagangan, Gubernur Khofifah Bertekad Tingkatkan Jejaring Konektivitas Antar DaerahUnit Reskrim Polsek Besuki Polres Tulungagung Bekuk Pengedar Pil Koplo Saat Transaksi Dipinggir Jalan
banner 728x250

BPBD Tulungagung Bentuk Destana Desa Gedangan Campurdarat

BPBD Tulungagung Bentuk Destana Desa Gedangan Campurdarat

banner 468x60

TULUNGAGUNG AZMEDIA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Gedangan Kecamatan Campurdarat, bertempat di Balai Desa Gedangan. Selasa (22/03/2022) pukul 09.00 WIB.

Plt. Kepala Pelaksana BPBD, Soeroto, S.Sos, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, bahwa bentang alam Kabupaten Tulungagung sangat beragam, mulai dari area pegunungan hingga kawasan pantai.

banner 325x300

“Keragaman tersebut memiliki keindahan alam yang luar biasa indah, namun di sisi lain juga terdapat potensi ancaman bencana yang menyertainya,” ungkap Soeroto.

“Diantaranya ancaman bencana gempa bumi, tanah longsor, tsunami, letusan gunung berapi, banjir, cuaca ekstrim, gelombang abrasi, kekeringan dan kebakaran lahan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Soeroto juga memaparkan. Menurut data BPBD Kabupaten Tulungagung, sepanjang tahun 2021 telah terjadi 5 kali kejadian banjir ancar di wilayah Kecamatan Campurdarat.

“Dengan pengalaman tersebut, perlu dilakukan upaya untuk mengurangi resiko bencana dan penanggulangan bencana, salah satunya dengan pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Gedangan ini,” ucapnya.

Adapun tujuan pembentukan Destana, Soeroto mengatakan, untuk membentuk masyarakat tangguh bencana yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi di daerah rawan bencana, menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan.

“Hal ini juga merupakan salah satu upaya dalam rangka mewujudkan visi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yaitu “Ketangguhan Bangsa dalam Menghadapi Bencana” yang selaras dengan Peraturan Kepala BNPB Nomor 1 Tahun 2012 bahwa masyarakat harus turut berperan aktif dalam proses pengurangan resiko bencana,” pungkasnya.

Usai menyampaikan sambutannya, Plt. Kepala Pelaksana BPBD bersama Camat Campurdarat dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Campurdarat serta Kepala Desa Gedangan menandatangani komitmen pembentukan Destana di Desa Gedangan dilanjutkan dengan serah terima secara simbolis pemberian bantuan peralatan untuk penanggulangan bencana.

Setelah acara seremonial, dilanjutkan dengan paparan materi narasumber dari FPRB Kabupaten Tulungagung kepada peserta pelatihan Destana yang terdiri dari tokoh masyarakat maupun lembaga pemberdayaan masyarakat, termasuk pengurus TP-PKK Desa Gedangan.

Hadir dalam acara ini, Plt. Kepala Pelaksana BPBD, Soeroto, S.Sos, M.Si, Camat Campurdarat, Arif Efendi, SIP. beserta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Campurdarat, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD, Deddy Eka Purnama, S.STP, MM. Perwakilan Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Tulungagung, Susanto dan Kepala Desa Gedangan, Sugeng. (Parno/Komin)

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.