azmedia
×
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi AZMEDIA

INSTALL

BLT Prakarsa dan BLT DBHCHT Tahun 2022 Resmi Dilaunching Bupati Tulungagung

BLT Prakarsa dan BLT DBHCHT Tahun 2022 Resmi Dilaunching Bupati Tulungagung

Avatar Of Paul Suparno
Img 20221006 025932 Blt Prakarsa Dan Blt Dbhcht Tahun 2022 Resmi Dilaunching Bupati Tulungagung

TULUNGAGUNG, AZMEDIA INDONESIA – Bupati Tulungagung Drs, Maryoto Birowo MM secara resmi melaunching Bantuan Langsung Tunai (BLT) Program Asistensi Kesejahteraan Lanjut Usia (Prakarsa) dan BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2022.

Hal ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis kedua BLT tersebut kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), berlangsung di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Rabu (05/10/2022).

Bupati Tulungagung menerangkan, penyaluran BLT diberikan kepada KPM agar digunakan untuk keperluan kebutuhan pokok. Adapun BLT ini, kata Maryoto merupakan dana yang menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten Tulungagung dan DBHCHT.

“Jumlah penerima BLT Prakarsa ini ada sebanyak 172 orang yang mana diberikan kepada warga Tulungagung yang berusia lebih dari 70 tahun karena sudah tidak kuat bekerja,” terangnya.

“Dan untuk penerima BLT DBHCHT diberikan kepada buruh pabrik rokok, dan buruh tani tembakau ada sebanyak 4.378 orang,” imbuhnya.

Img 20221006 030013 Blt Prakarsa Dan Blt Dbhcht Tahun 2022 Resmi Dilaunching Bupati Tulungagung

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, besaran bantuan yang diberikan kepada penerima bantuan masing – masing Rp 200 ribu per bulan. Untuk penerima BLT Prakarsa selama Tiga bulan dan penerima BLT DBHCHT selama empat bulan.

“Penerima manfaat BLT Prakarsa menerima selama 3 bulan berturut-turut masing-masing setiap bulan Rp 200.000 jadi total Rp 600.000, sedangkan BLT DBHCHT masing-masing menerima Rp 200.000 selama 4 bulan jadi total Rp 800.000,” jelas Maryoto.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tulungagung Drs, Suyanto, MM, mengatakan, dari total anggaran yang dikucurkan untuk BLT tersebut mencapai 10 Miliar lebih.

Yang mana menurut Suyanto, Dinsos baru menerima anggarannya pada bulan Juni 2022 kemarin dan baru bisa dicairkan pada bulan Oktober 2022 ini.

Sehingga penerima bantuan saat ini langsung mendapatkan untuk empat bulan sekaligus yakni mulai Bulan Juni sampai Bulan September 2022.

“Dan bagi penerima BLT Prakarsa menerimanya terhitung tiga bulan yakni mulai Juli 2022 hingga September 2022,” tambahnya.

Dikatakannya lebih lanjut, hingga saat ini pihak Dinsos masih belum selesai melakukan pendataan kepada warga yang berhak menerimanya. Hal ini dikarenakan dari Pagu 7.000 ribuan orang ini masih terdata sekitar 3.000 an orang saja.

“Kami masih melakukan verval guna memenuhi kriteria warga yang berhak menerima. Dan nanti jika tidak mencapai pagu atau ada sisa, maka sisa dana tersebut akan kita kembalikan ke kas Negara pada bulan Desember 2022,” ujarnya.

Suyanto menambahkan, BLT Prakarsa bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tulungagung.

“KPM itu dari warga yang tergolong kriteria kemiskinan ekstrem, dari 200 penerima manfaat sekarang tinggal 172, yang sudah tidak menerima itu karena meninggal dunia atau tidak lolos verifikasi,” imbuhnya.

Img 20221006 025954 Blt Prakarsa Dan Blt Dbhcht Tahun 2022 Resmi Dilaunching Bupati Tulungagung

Sementara itu, masih ditempat yang sama, Kepala SatPol PP Kabupaten Tulungagung Wahiyd Masrur mengatakan, “Kami yang di tunjuk oleh bapak bupati menjadi sekretariat DBHCHT di kabupaten Tulungagung untuk mendampingi OPD penerima DBHCHT dalam hal ini Dinsos yang membagikan DBHCHT,” terangnya.

“Jadi kami akan menyampaikan kepada masyarakat bahwa, DBHCHT ini dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam berbagai bentuk, dari dinsos berupa BLT dan untuk OPD yang lain menyesuaikan dengan OPD yang bersangkutan,” pungkas Wahiyd. (Parno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.