loader image

Bersama Forpimcam, Panitia Pilkades, BPD dan Aliansi Masyarakat Desa Sidem Bersatu Gelar Pertemuan

  • Bagikan

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID-Sejumlah warga yang mengatas namakan Aliansi Masyarakat Desa Sidem Bersatu, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung mengadakan pertemuan dengan Panitia Pilkades Desa Sidem, PJ Kades Sidem, BPD Desa Sidem dan Panitia Pilkades Kecamatan di ruang pertemuan Kantor Kecamatan setempat, Kamis (16/12/2021).

Samsul Maarif salah satu koordinator Aliansi Masyarakat Desa Sidem Bersatu yang sekaligus juga menjadi salah satu calon kades Sidem dengan nomor urut 02 dalam Pilkades Sidem mengatakan, dirinya dalam pertemuan tersebut menyampaikan beberapa pertanyaan kepada Panitia Pilkades Desa dan Panitia Pilkades Kecamatan mengenai kelengkapan persyaratan dalam pendaftaran Pilkades di Desa Sidem.

“Terkait beberapa pertanyaan yang kami sampaikan salah satunya adalah mengenai tanggal 23 Agustus 2021 salah satu calon saudara G itu menggunakan surat keterangan lulus atau ijazah kesetaraan SMP menggunakan nama Suritno sementara sesuai identitas menggunakan nama Guritno. Kita aliansi masyarakat Sidem bersatu meminta bukti otentik dalam hal pendaftaran Pilkades dimana sesuai tanggal tersebut merupakan periode gelombang pertama dan dinyatakan ditutup pada jam 16.00 wib. Dengan keterbatasan kewenangan panitia apa yang kita inginkan tidak bisa dipenuhi, untuk selanjutnya kita kembali musyawarah dengan aliansi masyarakat sidem bersatu, apakah “Iya atau tidaknya nanti akan kita lanjutkan pada tahapan – tahapan berikutnya termasuk pendaftaran kita ke jalur pengadilan,” terang Maarif, seusai pertemuan.

Maarif menyebut dari hasil pertemuannya dengan panitia Pilkades Desa dan Pilkades Kecamatan Gondang ini masih ada kebuntuan.

“Yang jelas dari penjelasan yang disampaikan oleh panitia sudah cukup detail, namun karena panitia mempunyai keterbatasan kewenangan maka langkah kita selanjutnya akan mendaftarkan diri ke Pengadilan Negeri (PN) dengan berkas yang dibutuhkan. Namun demikian, panitia kecamatan memberikan tanggapan yang luar biasa, dan kita sudah diterima dengan baik, untuk itu kita berharap semoga kedepannya akan lebih baik lagi,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Mujayin selaku ketua BPD Sidem juga mengatakan pertemuan ini adalah merupakan bentuk musyawarah dalam upaya menciptakan kedamaian masyarakat desa Sidem, yang mana menurut Mujayin kabar dari salah satu media yang beredar sebelumnya kurang pas bagi panitia dan masyarakat desa Sidem.

“Alhamdulillah, dari hasil pertemuan pada hari ini semua pihak bisa menerima dengan legowo. Dan toh nanti dari yang bersangkutan atau dari aliansi masyarakat desa sidem bersatu itu kurang puas itu bisa menempuh ke jalur hukum yang berlaku dan itu tadi sudah disampaikan oleh bapak Kapolsek, Danramil, dan Sekcam Gondang dalam pertemuan ini,” tutur Mujayin.

Selanjutnya, Mujayin juga berpesan kepada masyarakat Desa Sidem agar menjaga kerukunan untuk bersama – sama saling menghormati demi terciptanya situasi desa Sidem yang aman dan damai.

“Kami juga berpesan kepada masyarakat agar bisa menyaring informasi apapun yang beredar. Jangan menyampaikan informasi yang belum ada dasarnya atau kejelasannya, sekali lagi kami mewakil BPD Sidem, tolong jaga kondusifitas dan kerukunan masyarakat.

Bukan hanya itu saja, Mujayin juga mengapresiasi kinerja Panitia Pilkades Desa Sidem yang menurutnya telah melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan Perda dan Perbup yang berlaku.

“Kami sangat mengapresiasi yang setinggi – tingginya atas kinerja panitia Pilkades Desa Sidem yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dari awal hingga akhir pelaksanaan Pilkades Desa Sidem tentunya semua sudah sesuai dengan tahapan – tahapan yang dibuat berdasarkan dari panitia Pilkades Kabupaten Tulungagung dan DPMD Tulungagung, semuanya dilakukan secara transparasi dan terbuka,” ungkapnya.

Seperti di beritakan sebelumnya, menanggapi adanya kabar yang mempertanyakan terkait kejelasan proses tahapan pelaksanaan Pilkades Desa Sidem, Ashuri selaku Ketua Panitia Pilkades Desa Sidem juga menyampaikan apa yang ia lakukan sudah sesuai dengan Perda dan Perbub yang berlaku.(*im/jhon)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!