loader image

Kick Off Vaksin Booster di Tulungagung Dimulai, Bupati Maryoto Giliran Pertama Mendapatkan Suntikan

  • Bagikan

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID-Seusai mengikuti kegiatan vaksinasi serentak secara virtual dengan Kapolri, pelaksanaan vaksinasi ketiga (Booster) di Tulungagung yang bertempat di pendopo Kongas Arum Kusumoning Bongso hari ini resmi dimulai, Jumat (14/01/2022) siang.

Pada tahap awal vaksin Booster kali ini disediakan sebanyak 300 dosis. Dalam kesempatan ini Bupati Tulungagung dapat giliran yang pertama mendapatkan suntikan dan disusul Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, Dandim 0807 Tulungagung Letkol Inf Yoki Malinton, Ketua DPRD Tulungagung Marsono, Kajari Tulungagung Mujiarto dan Ketua Pengadilan Negeri Tulungagung. Kemudian dilanjutkan oleh para kepala OPD, anggota DPRD Tulungagung, anggota TP PKK, Persit, Bhayangkari serta sejumlah awak media.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo seusai vaksinasi mengatakan, vaksinasi ketiga atau Booster ini untuk mendapatkan proteksi karena adanya Omicron.

“Iya Ini gratis karena ini merupakan program Pemerintah dan diprioritaskan kepada yang sudah melaksanakan dosis 2 untuk memproteksi varian baru”, ujar Bupati

Bupati Maryoto menjelaskan, sesuai petunjuk teknis, dosis ke tiga di prioritaskan bagi lansia karena lansia rawan terhadap virus covid – 19.

“Maka dengan sosialisai yang luar biasa sehingga tingkat kesadaran masyarakat terhadap vaksin sangat tinggi, terbukti dengan proteksi vaksinasi yang terkofirmasi positif covid semakin menurun,” ujar Maryoto.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung dr Kasil Rochmat mengatakan Warga yang menjadi sasaran vaksin dosis 3 adalah kelompok dewasa usia 18 tahun ke atas, sudah menerima dosis dua/lengkap minimal 6 bulan sebelumnya, selain itu yang menjadi prioritas adalah lansia dan kelompok rentan (immunocopromised).

“Syaratnya mudah, bagi calon penerima vaksin wajib menunjukkan NIK dengan membawa KTP/KK atau Aplikasi PeduliLindungi.

Untuk itu menurut Kasil, pihaknya telah menyiapkan 15 Faskes di wilayah Tulungagung.

“Karena dosisnya beda, kemarin para nakes sudah kita latih secara singkat, Kemudian kita siapkan faskes mana saja yang bisa diakses sementara supaya pembagiannya merata,” terang dr Kasil.

Kasil melanjutkan, nantinya semua faskes akan melayani vaksinasi dosis tiga (Booster) setelah tugas vaksinasi dosis dua sudah sesuai dan selesai, meskipun masih ada masyarakat yang belum sama sekali divaksin.

“Capaian dosis pertama kan sekitar 82 persen kalau dak salah, berarti ada 12 persen masyarakat yang belum divaksin, maka hingga saat ini vaksinasi terus dilakukan, salah satunya dengan melakukan sweeping – sweeping ke masyarakat,” pungkasnya.(prn/im)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!