loader image

Belum Ada Kepastian Yang Jelas, Pembangunan eks Lokalisasi Semampir Mangkrak

  • Bagikan

KEDIRI.AZMEDIA.CO.ID-Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dijanjikan Pemkot Kediri akan dibangun di kawasan eks lokalisasi Semampir, Kota Kediri, hingga kini masih isapan jempol.

Kawasan eks lokalisasi Semampir masih mangkrak, dan tidak jelas kapan akan dibangun. Padahal, pembongkarannya sudah dilakukan pertengahan 2016 lalu atau sekitar 6 tahun berjalan.

“Kita berharap segera ada kejelasan kapan akan dibangun. Masyarakat sekitar berharap eks lokalisasi segera dibangun, biar ada efek pertumbuhan ekonomi di masyarakat sekitar,”ujar Fajar Basuko, Ketua LPMK Kelurahan Semampir, Kota Kediri. Didampingi sekretaris LPMK, Hari Budi Susetyo, saat diwawancarai awakmedia. Rabu, (12/1/2022).

Fajar Basuko, Ketua LPMK Kelurahan Semampir, Kota Kediri.

Fajar memberikan gambaran perbandingan dengan eks lokalisasi Kalijodo di Jakarta, yang dibongkar hampir bersamaan dengan eks lokalisasi Semampir.  Menurut Fajar, di Kalijodo, Jakarta, begitu dibongkar langsung dibangun. Sebaliknya, di eks lokalisasi Semampir, setelah dibongkar terkesan dibiarkan mangkrak begitu saja.

“Terkesan, Pemkot ambisius untuk pembongkaran, tetapi tidak dibarengi dengan perencanaan pembangunan yang matang. Kalau sekadar membongkar, semua orang ya bisa,”tambah Fajar.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan, kondisi di eks lokalisasi Semampir, kini sudah berubah menjadi semacam Hutan Kota. Sejumlah pohon Angsana yang ditanam usai pembongkaran 2016 lalu, kini sudah tumbuh dengan baik dengan besaran ukuran sedang.

Sempat muncul kabar, bahwa eks lokalisasi itu akan dibangun menjadi taman terbuka hijau pada 2022, dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat, karena Pemkot Kediri tidak memiliki dana. Tetapi, kabar itu ternyata masih sumir.

Secara terpisah, Kepala Dinas PUPR Kota Kediri, Endang Kartika Sari, saat dikonfirmasi terkait kabar akan dibangunnya eks lokalisasi Semampir, menampik soal isu bahwa eks lokalisasi Semampir akan dibangun 2022 ini.

“Maaf, masih belum (akan dibangun,red). Masih tahap perencanaan dan koordinasi dengan Dirjen Cipta Karya,”ujar Endang, saat dihubungi melalui saluran whatsApp. Rabu,(12/1/2022).

Belum adanya kepastian terkait pembangunan eks lokalisasi Semampir, Endang menandaskan bahwa, pihak Kementerian telah melakukan survei ke lokasi.

“Belum. Kemarin dari Kementrian Survey lagi ke lokasi (eks lokalisasi,red),”tandas Endang. ( chap/yha )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!