loader image

Pemdes Suru Bersama Forpincam Ngetos Melakukan Tanam Pohon

  • Bagikan

NGANJUK,AZMEDIA.CO.ID – Plt. Camat Ngetos Ardy bersama perwakilan dari TNI, Polri, Perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), serta kelompok masyarakat melakukan penanaman bibit pohon di lahan Desa Suru Kabupaten Nganjuk. Selasa, (21/12/2021).

 

Ardy berpesan, agar masyarakat terus menggalakkan penanaman pohon, apalagi saat ini curah hujan masih cukup tinggi sehingga harus dimanfaatkan betul untuk menanam pohon.

“Curah hujan masih cukup tinggi, perkiraan sampai Maret. Ayo semua tanam. Pokoknya ada kesempatan, tanam pohon,” kata Ardy.

Lebih lanjut disampaikan Camat, tujuan diadakannya penanaman pohon guna menghijaukan seluruh lahan yang gundul atau gersang, untuk meminimalisasi terjadinya longsor.

“Sekarang kita gerakkan terus (penanaman pohon) dengan masyarakat untuk menanam di seluruh lahan dan pinggir aliran sungai. Harapannya tidak terjadi longsor dan bisa semakin hijau. Titip ya Pak Kades (Kepala Desa), warganya diajak untuk tanam pohon,” kata Ardy, di sela penanaman bibit pohon dan melihat lahan dan pinggiran sungai yang ada di perbukitan melihat daerah Ngetos ini yang Nota bennya bukit.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Suru, Wawan Yudha Purnawan, mengatakan bahwa, bibit pohon yang ditanam di bantaran Lahan ini sebanyak 1.500 pohon, selain itu, Desa Suru juga mendapatkan bantuan bibit tanaman dan benih.

“Tadi yang ditanam simbolis ada 1.500 pohon. Nanti kami akan lanjutkan menanam di lokasi lain. Lokasi lain nanti kami setting sedemikian rupa agar eko sistem tetap terjaga,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan, kondisi di sekitar Sungai lahan tersebut, memang memprihatinkan. Saat air bah datang bantaran sungai dan tebing-tebing rawan longsor. Bahkan beberapa tahun lalu di Kecamatan Ngetos, pernah terjadi longsor. (*Gendro).

 

  • Bagikan

error: Content is protected !!