loader image

SMPN Satu Atap Ngetos Sukses Melakukan Kegiatan Tanam Seribu Lima Ratus Pohon

  • Bagikan

NGANJUK,AZMEDIA.CO.ID– Pohon bisa hidup tanpa bantuan manusia karena bisa mengolah makanannya sendiri sedangkan manusia tidak bisa hidup tanpa pohon. Oleh sebab itulah tindakan penghijauan ini sangat penting bagi manusia.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah aksi tanam seribu Lima ratus pohon oleh pelajar. Aksi tanam tersebut lebih sering dilakukan pada saat hari bumi. Untuk membuat bumi semakin hijau maka penanaman tersebut akan dilakukan mengingat bumi yang semakin tua dan semakin meningkatnya polusi udara maka penghijauan bumi tersebut harus selalu dilakukan.

 

Plt camat Ngetos saat penyerahan pohon secara lagsung di dmpingi sopingi.A.P.MM dari Dinas pendidikan Nganjuk

Aksi tanam seribu pohon oleh pelajar dilakukan oleh pelajar SMP Negeri Satu Atap dan didampingi oleh penggiat lingkungan yang mana melakukan penanaman di lereng bukit di Desa Suru, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

Cara penanamannya pun sama seperti dengan penanaman pohon seperti biasanya. Namun yang berbeda di sini adalah lokasinya. Lokasi penanaman seribu Lima Ratus pohon ini biasanya dilakukan di area hutan yang lahannya masih gersang, sehingga nantinya hutan tersebut bisa hijau kembali dan bisa memiliki banyak manfaat khususnya untuk kehidupan manusia di masa depan.

Sebelum melakukan penanaman, pihak sekolah dan penggiat lingkungan telah berdiskusi dan mengurus berbagai macam izin untuk bisa melakukan penanaman seribu lima ratus pohon tersebut, terutama jika hutan yang akan ditanami masih milik perhutani.

Namun ada juga yang menanam di pinggir Persawahan juga jalan Sepanjang Hutan, di sepanjang jalan atau di sekitar lingkungan sekolah.

Jajaran Dewan Guru, Karyawan Tata Usaha, dan seluruh siswa SMPN Satu Atap, melaksanakan Gerakan tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter siswa agar cinta lingkungan dan yang lebih penting bisa mempertahankan sumber air nantinya.

Penanaman seribu lima ratus pohon di lakukan Selasa,(21/12/21) di area Perbukitan Desa Suru, kecamatan Ngetos, seluruh siswa dan jajaran.

Dalam kegiatan Tersebut juga melibatkan Plt. Camat Ngetos, Ardy, Kapolsek Ngetos, Dinas Perhutani, dan FORKOPIMDA Nganjuk.

Bibit pohon yang di tanam antara lain, pohon Pule dan berbagai macam pohon yang bermanfaat.

Kepala SMPN Satu Atap, Ani Sutiani S.Pd, M.Si. dalam sambutanya menyampaikan, penanaman pohon ini untuk mendukung sebagai sekolah Adiwiyata. Sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih, serta lingkungan yang indah.

” Dengan adanya program tersebut, di harapakan seluruh warga sekolah dan Masyarakat sekitar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh. Selain membuat lingkungan sekolah menjadi lebih asri dan hijau ini juga ikut menambah dan mendukung suasana kegiatan belajar mengajar (KBM) yang lebih Nyaman,” terangnya.

Ani Sutiani menyebut, lingkungan sekolah yang kondusif sangat di perlukan dalam tamatan yang berkopeten melalui proses belajar mengajar berbasis sistem pendidikan yang bermutu.

“Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat di perlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa di mata dunia, sekaligus melestarikan kekayaan sumber daya alam hayati Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan,  Sopingi.A.P. M.M., sangat mengapresiasi program penghijauan tersebut. Menurutnya, dengan adanya program ini maka SMPN Satu Atap Ngetos, ikut mendorong usaha mengembalikan suhu udara dan mempertahankan sumber mata air, juga terhindar dari erosi tanah longsor maupun bencana lain.

” Penghijauan tidak hanya menanam pohon saja, dengan membersihkan setiap ruangan dan lingkungan sekitar sekolah, serta membuang sampah pada tempatnya, juga termasuk penghijauan. Salah satu cara kecil yang di lakukan sekolah kami adalah menyediakan tong sampah di setiap ruangan kelas, serta membiasakan seluruh warga sekolah untuk membuang sampah pada tempatnya,” pungkas Sopingi. (*gendro).

  • Bagikan

error: Content is protected !!