Covid-19, Bupati Tulungagung Siapkan Rp. 55 Miliar dan RS Darurat

TULUNGAGUNG, AZMEDIA.co.id – Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo menggelar rapat kordinasi penanganan Covid 19 bersama seluruh pemilik Runah Sakit (RS) Swasta, Klinik, IDI, PDGI dan PPNI di Pendopo Kongasarum Kusumaning Bongso, pada Rabu (1/4/2020).

Dalam rapat tersebut, Bupati Tulungagung menyampaikan, telah menyiapkan anggaran sebesar 55 Miliar dari APBD.

“Kita memakai silva berjalan dan sedikit pergeseran anggaran sesuai arahan Kemenkeu dan Kemendagri,” ucapnya

Mengingat, Pemerintah Kabupaten Tulungagung membutuhkan instrumen baru berupa teknis umum dan medis. Bahkan, secara umum kita memerlukan gedung sementara atau darurat serta alat pelindung diri APD juga masker.

Terkait penyiapan teknis umum, pihaknya telah berkordinasi dengan pihak terkait antara lain Rasunawa, BLK, UIN Tulungagung serta fasilitas perkantoran yang ada guna menampung pasien Covid 19.

“Semua telah kita siapkan andai hal buruk itu terjadi” tepisnya.

Sementara, terkait instrumen berupa sarana medis pihaknya telah menggandeng seluruh pemilik rumah sakit swasta dan organisasi profesi agar mengajukan prosal yang ditujukan kepada Pemerintah Daerah untuk membantu menangani pasien corona.

Tak cukup itu saja, produsen pembuat masker dan APD lokal juga tak luput dari sasaran managerialnya. Pihaknya, juga telah meminta kepada ketua gugus tugas agar berkordinasi dengan produsen konveksi serta SMK jurusan Boga atau Busana untuk APD serta masker. Sebelumnya, Kabupaten Tulungagung sendiri hanya memiliki 500 bad pasien dan 25 ICU.

“Ditentukannya daerah kita sebagai zona merah oleh Pemprov Jatim, maka kita mulai siapkan itu semua, agar semua sarana terpenuhi, contoh saja, kemarin kita telah memesan 50 ribu APD” imbuhnya.

Sehingga, lanjutnya, jika virus corona tersebut melanda tidak seperti negara itali, Spanyol dan Amerika.

“Artinya, sedia payung sebelum hujan, tetapi semoga masyarakat tulungagung sehat dan aman dari musibah,” pintanya. (*)

Reporter : Zainul Fuad