Modus Imingi Pekerjaan, Tersangka Penipuan Diamankan Polsek Lawang Kidul

video

Muara Enim, azmedia.co.id – Penipuan dengan iming-iming sebuah pekerjaan masih kerap saja terjadi, hal demikian juga menimpa Dilla Lingga Pradipta (21) warga Desa Tegal Rejo RT VII menjadi korban penipuan dengan menjanjikan pekerjaan dengan tersangka Ardian Purnama Sukma (40) warga Desa Lingga.

Tersangka diamankan Team Bang Laki Unit Reskrim Polsek Lawang Kidul dengan No Laporan LP : B-01 / I / 2020 / Sumsel / Res Muara Enim / Sek Lawang Kidul Tanggal 7 Januari 2020 garsal 378 KUHP.Juga diperkuat dengan saksi yaitu
Bela Sapira (20) warga Talang Jawa Sidoarjo Kelurahan Pasar Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim.

Kejadian bermula pada hari rabu (18/09/2019) sekitar pukul 17.00 WIB di jln Iskandar No.1157 Saringan Utara Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim.Awalnya korban mendapat informasi dari temannya jika tersangka membutuhkan karyawan di CV nya.

Korban pun menemui tersangka dan selanjutnya sepakat bahwa korban akan diangkat menjadi karyawan di CV milik tersangka dengan menyetorkan uang sebesar Rp. 3.000.000,- untuk menjalani masa training selama 2 (Dua) bulan selanjutnya terlapor menjanjikan pada masa training akan diberikan gaji sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan.

Akan dikontrak selama 3 (tiga) bulan dengan gaji Rp. 2.000.000,- mendapatkan BPJS dan gaji UMR setelah dikontrak selama 1 (Satu) tahun.

Setelah menjalani masa training tidak mendapatkan gaji, pelatihan berupa pekerjaan rumah tangga seperti (mencuci piring, melipat pakaian, antar jemput anak terlapor ke sekolah).

Penangkapan terhadap tersangka dilakukan pada hari Minggu (12/01/2020) sekitar pukul 24:00 WIB di Jl Silaberanti Kecamatan Seberang Ulu 1 Kota Palembang, beserta barang bukti berupa :
1.Surat pernyataan an. Ardian Purnama Sukma sebagai komisaris CV. Watu Umpu Propertindo
2.Rincian dana yang harus dibayarkan
3.Perjanjian kerja karyawan antara Ardian Purnama Sukma kepada Dilla lingga Pradipta.
4.Perjanjian kerja karyawan antara Ardian Purnama Sukma kepada Yuliana Erlina
5.Lamaran kerja an. Reza Achmad Dila
6.Lamaran kerja an. Bayu Erlangga
7.Id card staf kantor CV Watu Umpu Propertindo sebanyak 8 (Delapan) Orang

Baca Juga :  Oknum Kontraktor ‘ZL’ Resmi Dilaporkan ke Polres Indramayu

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp,3.000.000,-.(AzTeam)