Hati-hati Salah ‘Download’ Aplikasi FaceApp Pro Palsu

AZMEDIA.co.idPencarian untuk download (mengunduh) FaceApp Pro tengah ramai di Indonesia. Namun saat ditelusuri, aplikasi FaceApp Pro ini tidak terdapat di Play Store. Tapi pengguna bisa mendapatnya dari toko aplikasi pihak ketiga.

Namun, pengguna diingatkan agar berhati-hati mengunduh aplikasi palsu yang dirancang mirip dengan FaceApp. Sebab, Kaspersky telah mengidentifikasi aplikasi palsu yang dirancang untuk menipu pengguna agar berpikir itu adalah aplikasi asli FaceApp.

Menurut data Kaspersky, sekitar 500 pengguna unik telah terinfeksi malware dari aplikasi palsu ini dalam dua hari terakhir. Deteksi pertama muncul pada 7 Juli 2019. Kaspersky juga menyebut telah menemukan 800 varian aplikasi populer yang modifikasi dan diselipkan adware MobiDash.

 

Adware (advertising malware) MobiDash adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang akan membanjiri ponsel korban dengan iklan yang mengganggu.

Dalam siaran persnya, Kaspersky menyebut aplikasi itu biasanya diunduh bukan dari Android Play Store. Ketika aplikasi diinstal, biasanya aplikasi tidak berhasil terpasang dan kemudian terhapus dengan sendirinya. Setelah itu, adware bakal tertanam dan mulai membanjiri ponsel dengan tampilan iklan.