Jokowi Siapkan Rp400 Triliun untuk Dana Desa

AZMEDIA.co.id – – Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan anggaran sebesar Rp400 triliun untuk program dana desa. Dana itu akan digelontorkan untuk menjalankan program dana desa selama lima tahun ke depan.

Anggaran ini meningkat bila dibandingkan Pemerintahan Kabinet Kerja 2014-2019 yang sebesar Rp257 triliun. Khusus untuk tahun depan, anggaran dana desa akan meningkat menjadi Rp75 triliun dari Rp70 triliun pada tahun ini.

Rencana penambahan anggaran dana desa tersebut disampaikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo usai rapat terbatas mengenai pagu indikatif Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020. Rapat tersebut dilangsungkan di Istana Kepresidenan pada Senin (15/7).

Eko mengatakan presiden sengaja menambah alokasi anggaran program dana desa agar pemerataan ekonomi bisa tercapai, termasuk di pelosok-pelosok desa. Untuk itu, pemerintah menggelontorkan dana desa agar pemberdayaan bisa diwujudkan, contohnya pembangunan infrastruktur oleh rakyat desa itu sendiri.