azmedia
×
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi AZMEDIA

INSTALL

10 Aplikasi Terpopuler di Indonesia, Ada Buatan Anak Bangsa?

10 Daftar Aplikasi Smartphone Terlaris Di 2018 10 Aplikasi Terpopuler Di Indonesia, Ada Buatan Anak Bangsa?

Jakarta, AZMEDIA  Indonesia – Orang Indonesia tercatat lebih banyak menggunakan WhatsApp dan Tiktok tiap bulannya. Ini terlihat dalam Top Apps & Games Makret Pulse Ranking Q1 2022 dari Data.ai.

Dalam kelompok Top Apps 2022, WhatsApp menduduki peringkat pertama untuk pengguna aktif harian bulannya atau Monthly Active Users. Dua aplikasi dari keluarga besar Meta lainnya Facebook serta Instagram berada di ranking kedua dan ketiga.

Namun, tak hanya aplikasi global. Penduduk Indonesia ternyata juga sering menggunakan aplikasi buatan anak bangsa.

PeduliLindungi, aplikasi yang berhubungan dengan deteksi dan vaksinasi Covid-19 juga terlihat dalam daftar tersebut. Dalam laporan itu, PeduliLindungi juga naik dua peringkat dari Q4 2021.

Ada juga Gojek yang masuk di daftar pengguna aktif bulanan teratas dan aplikasi dengan pertumbuhan tingkat penggunaan terpesat. Kenaikan frekuensi penggunaan aplikasi Gojek bisa jadi terkait dengan mulai pulihnya aktivitas penduduk Indonesia di luar ruangan.

Selain untuk deteksi dan vaksinasi, aplikasi juga digunakan untuk bisa masuk ke tempat umum termasuk mall. Nampaknya karena penggunaan tersebut dan aktivitas masyarakat yang sudah lebih sering di luar ruangan, membuat PeduliLindungi juga sering digunakan oleh orang Indonesia saat bepergian.

Dalam kolom breakout atau aplikasi dengan pertumbuhan penggunaan terpesat dibanding Q1 2021, tidak jauh berbeda dengan pengguna aktif bulanan. Namun memang ada tambahan beberapa aplikasi baru.

Salah satunya adalah GetContact. Aplikasi ini digunakan untuk melihat nama yang disimpan untuk sebuah nomor ponsel, termasuk nomor yang dimiliki sendiri.

Selain itu, ada aplikasi buatan lokal yang penggunaannya tumbuh pesat pada awal 2022 yaitu aplikasi mobile banking Bank Mandiri yang versi terbarunya diluncurkan tahun ini, Livin.

Sebagai informasi, kolom breakout memperlihatkan aplikasi yang bertumbuh pesat dari kuartal ke kuartal lainnya.

Aplikasi Paling Sering Digunakan di Indonesia

Berikut perincian daftar aplikasi berdasarkan pengguna aktif bulanan dari Top Apps dan Top Breakout Apps pada Q1-2022, dirangkum Senin (8/8/2022):

Top Apps Q1 2022

  1. WhatsApp
  2. Facebok
  3. Instagram
  4. Shopee
  5. PeduliLindungi
  6. Tokopedia
  7. Tiktok
  8. Telegram
  9. Gojek
  10. MyTelkomsel

Top Breakout Apps Q1 2022 Vs Q1 2021

  1. Tiktok
  2. Livin Mandiri
  3. Capcut
  4. Shopee
  5. PeduliLindungi
  6. GetContact
  7. Instagram
  8. Gojek
  9. WhatsApp
  10. Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.