Desaku Membangun – Desa Tanggunggunung

AZMEDIA.co.id – Mengulas Sedikit Mengenai Desa Tanggunggunung

Desa Tanggunggunung terletak di Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung memiliki luas administrasi 245.604 Ha, terdiri dari 6 dusun yaitu Dusun Tanggunggunung, Dusun Kalitalun, Dusun Ngipik, Dusun Ngemplaksari , Dusun Pule, Dusun Klampok.

Pola pembangunan lahan di desa Tanggunggunung lebih didominasi oleh kegiatan pertanian pangan yaitu palawija ( padi, kedelai, jagung ) dengan penggunaan pengairan tadah hujan.

Transportasi antar daerah juga cukup lancar, hal ini karena Desa Tanggunggunung dihubungkan jalan desa yang menghubungkan antar dusun maupun antar desa.  Desa Tanggunggunung juga memiliki akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Tanggunggunung dan Kecamatan Kalidawir.  Aktifitas mobilisasi di Desa Tanggunggunung cukup tinggi, khususnya mobilisasi angkutan hasil-hasil pertanian maupun sumber-sumber kegiatan ekonomi lainnya.  Selain itu juga didukung fasilitas pendidikan serta fasilitas Kesehatan berupa PUSKESMAS Pembantu yang sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Namun demikian hal tersebut diatas disamping sebagai potensi desa juga sebagai penyebab terjadinya permasalahan yang akhirnya menimbulkan masalah-masalah sosial seperti kemiskinan, pengangguran dan kenakalan remaja.  Hal tersebut terjadi karena keberadaan potensi tersebut kurang ditunjang oleh infrastruktur yang memadai dan sumber daya manusia yang memenuhi

Misalnya keberadaan lahan pertanian yang luas di Desa Tanggunggunung tidak bisa mengangkat derajat hidup petani Desa Tanggunggunung karena produktifitas pertaniannya tidak maksimal bahkan relatif rendah.  Hal tersebut disebabkan karena sarana irigasi yang kurang memadai serta sumberdaya para petani baik yang berupa modal maupun pengetahuan tentang sistem pertanian modern yang relatif masih kurang.  Akibatnya banyak masyarakat petani yang taraf hidupnnya masih dibawah garis kemiskinan.

Secara umum kondisi fisik desa Tanggunggunung memiliki kesamaan dengan desa – desa lain di wilayah kecamatan Tanggunggunung. Desa Tanggunggunung merupakan daerah pegunungan dan perbukitan. Desa Tanggunggunung memiliki luas wilayah 301.607 Ha yang terbagi dalam dua fungsi penggunaan yaitu tanah pekarangan atau pemukiman serta Perhutani dan kawasan pantai.